Terlalu Sibuk dengan Perang Ukraina dan Gaza, Berikut 4 Alasan Kebangkitan ISIS

Senin, 26 Agustus 2024 - 20:10 WIB
“Mereka [ISIS] mengikat sesuatu di bawah satu bendera … Biasanya argumennya adalah semakin banyak mereka mendeklarasikan dengan nama yang sama, semakin bagus tampilannya,” katanya. “Saya pikir mereka mengada-ada.”

2. AS Sudah Tahu Aktivitas ISIS Meningkat Tajam



Foto/AP

Namun, pihak lain, termasuk sekutu utama AS, khawatir ada hal lain yang terjadi.

“Aktivitas ISIS meningkat,” kata perwakilan AS untuk sayap politik Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS kepada VOA, menggunakan akronim untuk kelompok teror tersebut, yang juga dikenal sebagai IS atau Daesh.

“Aktivitas ISIS telah meningkat secara signifikan, terutama di wilayah kami dan wilayah gurun Suriah,” tambah perwakilan Dewan Demokratik Suriah Sinam Mohamad. “Dalam waktu kurang dari dua bulan, organisasi tersebut mengklaim bertanggung jawab atas 16 operasi berbeda di wilayah kami dan lebih dari 30 operasi di wilayah gurun Suriah.”

Beberapa pakar yang telah melacak klaim ISIS menunjukkan peningkatan yang lebih nyata.

"Pada dasarnya, sejak awal tahun ini, kami melihat peningkatan serangan yang cukup besar," menurut Greg Waters, analis riset di Counter Extremism Project nirlaba. Waters mengatakan kepada VOA bahwa ia telah mencatat sedikitnya 65 serangan ISIS di Suriah pada bulan Januari, terbagi antara wilayah yang dikuasai SDF dan wilayah yang diawasi oleh pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

"Tampaknya sepanjang tahun 2023, ISIS telah mampu membangun kembali sel-selnya, peralatannya, dan entah apa alasannya, mereka merasa lebih percaya diri untuk melancarkan serangan," kata Waters. Ada pula indikasi bahwa kelompok teror tersebut memperoleh pengaruh di beberapa bekas bentengnya, seperti Raqqa dan Deir Ezzor.

"Fakta bahwa ISIS mampu memutar keran dalam sekejap, dan melakukan begitu banyak serangan di wilayah timur laut, menurut saya benar-benar menunjukkan fakta bahwa kelompok tersebut mempertahankan jaringan yang kuat di sana dan sejumlah besar sel yang dapat dengan cepat diaktifkan saat dibutuhkan," kata Waters.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More