Balas Invasi Kursk, Rusia Bombardir Ibu Kota Ukraina

Minggu, 18 Agustus 2024 - 16:40 WIB
Rusia bombardir ibu kota Ukraina sebagai abalasan invasi Kursk. Foto/AP
MOSKOW - Rusia terus melancarkan serangannya ke Ukraina bahkan saat pasukan Ukraina maju ke wilayah perbatasan Kursk Rusia.

Sebuah rudal Rusia memicu kebakaran di kota Sumy yang melukai dua orang dan juga merusak mobil serta bangunan di dekatnya, kata Layanan Darurat Negara Ukraina. Dikatakan bahwa serangan itu melibatkan rudal jelajah Iskander-K dan bom udara.

Angkatan udara Ukraina juga mengatakan telah menembak jatuh 14 pesawat nirawak Rusia, termasuk di atas wilayah Kyiv.



Sementara itu, pertempuran terus berlanjut di wilayah Kursk Rusia, tempat pasukan Ukraina telah dikerahkan sejak 6 Agustus dalam upaya untuk mengalihkan fokus militer Kremlin dari garis depan di Ukraina.

Pada hari Kamis, pasukan Ukraina mengatakan mereka telah merebut kota Sudzha, 10 kilometer (6 mil) dari perbatasan. Dengan populasi sekitar 5.000 jiwa sebelum perang, kota ini merupakan kota terbesar yang jatuh ke tangan pasukan Ukraina sejak penyerbuan dimulai.

Jurnalis Associated Press melakukan perjalanan ke daerah tersebut pada hari Jumat dalam perjalanan yang diselenggarakan oleh pemerintah Ukraina. Tembakan artileri telah menghancurkan patung pendiri Soviet Vladimir Lenin di alun-alun pusat kota, sementara fasad kuning cerah dari gedung administrasi lokal hangus dan berlubang-lubang akibat peluru.

Alexander Kots, koresponden militer surat kabar pro-Kremlin Komsomolskaya Pravda, mengatakan bahwa tekanan Ukraina di Kursk "belum melemah."

“Di bagian utama garis depan yang tidak rata, situasi telah stabil. Namun, ada beberapa area tempat musuh terus berupaya memperluas pangkalan jembatannya,” tulisnya di saluran Telegram miliknya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada hari Jumat bahwa Ukraina telah menghancurkan sebuah jembatan di seberang Sungai Seim di distrik Glushkovsky dengan roket HIMARS buatan AS, yang menandai penggunaan pertama roket tersebut di wilayah Kursk.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More