Diajak Israel Keroyok Iran, Ini Respons Amerika dan 2 Sekutu Nuklirnya

Minggu, 18 Agustus 2024 - 11:43 WIB
Israel ajak Amerika Serikat dan sekutunya mengeroyok Iran jika Teheran menyerang Tel Aviv. Foto/Chief Mass Communication Specialist Eric Powell/US Navy
TEL AVIV - Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, membuat seruan provokatif kepada Amerika Serikat (AS) dan sekutunya untuk mengeroyok Iran jika Teheran menyerang Tel Aviv. Washington dan dua sekutu nuklirnya, Inggris dan Prancis, cenderung meremehkan skenario mengeroyok Teheran.

"Jika Iran menyerang, kami berharap koalisi akan bergabung dengan Israel tidak hanya dalam pertahanan tetapi juga dalam menyerang target-target penting di Iran," kata Katz kepada koleganya; Stephane Sejourne dari Prancis dan David Lammy dari Inggris, menurut pernyataan dari Kantor Menteri Luar Negeri Israel.

Séjourné mengatakan dalam konferensi pers di Yerusalem bahwa akan "tidak pantas" untuk berbicara tentang "balasan atau persiapan untuk pembalasan Israel" sementara pembicaraan diplomatik sedang berlangsung.





Seruan Katz muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran akan serangan balasan dari Iran menyusul pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran. Iran menyalahkan Israel atas kematian Haniyeh tetapi Israel belum mengonfirmasi atau membantah bertanggung jawab.

Ketika ditanya tentang pernyataan Katz, juru bicara Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan: “Inggris bekerja sama dengan sekutu kami untuk meredakan ketegangan.”

“Kami mendesak semua pihak untuk menahan diri dari mengabadikan siklus kekerasan pembalasan yang merusak saat ini,” lanjut dia, seperti dikutip CNN, Minggu (18/8/2024).

"Kami menyerukan kepada Iran dan sekutunya untuk menahan diri dari serangan yang akan semakin meningkatkan ketegangan regional dan membahayakan kesempatan untuk menyetujui gencatan senjata dan pembebasan sandera. Tidak ada negara atau bangsa yang akan memperoleh keuntungan dari eskalasi lebih lanjut di Timur Tengah," imbuh tambah juru bicara tersebut.

Seorang sumber yang mengetahui pertemuan hari Jumat antara menteri luar negeri Israel, Prancis, dan Inggris mengatakan kepada CNN bahwa ketiga menteri tersebut tidak membahas bergabung dengan koalisi untuk menyerang Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More