Angkatan Laut AS dan Prancis Gelar Latihan Gabungan di Laut Filipina

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 12:15 WIB
Personel Angkatan Laut Filipina mengawasi kapal Kanada HMCS Montreal (FFH336) selama Kegiatan Kerja Sama Maritim Multilateral yang diadakan di Laut Filipina Barat, pada 7 Agustus 2024. Foto/AP/Prajurit Kelas Satu Carmelotes
MANILA - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Prancis melakukan latihan gabungan di perairan Laut Filipina, menurut Armada Ketujuh Angkatan Laut AS.

"Armada ke-7 AS mengambil langkah-langkah rutin untuk memajukan interoperabilitas kami dengan sekutu dan mitra di Indo-Pasifik, seperti yang kami lakukan selama operasi bilateral pekan ini dengan sekutu lama Angkatan Laut Prancis kami," ungkap Wakil Laksamana Fred Kacher, komandan Armada Ketujuh pada Kamis (15/8/2024).

“Kegiatan tersebut melibatkan USS Dewey (DDG 105), kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke dari Angkatan Laut AS, bersama dengan FS Bretagne (D655), fregat kelas Aquitaine milik Angkatan Laut Prancis,” papar pernyataan tersebut.



Kapal-kapal tersebut melakukan manuver dalam formasi, berlatih komunikasi bersama, dan melaksanakan simulasi operasi pengisian bahan bakar saat berada di laut, menurut pernyataan tersebut.

AS dan sekutunya terus meningkatkan kehadiran militer di wilayah Asia untuk menghadapi meningkatnya pengaruh China.

AS dan sekutunya menganggap China sebagai salah satu ancaman. Beijing menilai AS terus mengganggu stabilitas regional dengan berbagai aktivitas militernya.

(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More