Tank-tank Inggris Terlibat dalam Serangan Ukraina ke Wilayah Kursk Rusia

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 21:30 WIB
Prajurit Ukraina duduk di dalam APC mereka setelah kembali dari wilayah Kursk Rusia, dekat perbatasan Rusia-Ukraina, wilayah Sumy, Ukraina, 14 Agustus 2024. Foto/AP/Evgeniy Maloletka
MOSKOW - Pasukan Ukraina menggunakan tank tempur utama Challenger 2 Inggris di dalam Wilayah Kursk Rusia, menurut laporan Sky News pada Kamis (15/8/2024).

Pemerintah Inggris telah menyumbangkan 14 tank tempur utamanya, dan mendorong negara-negara NATO lainnya menyediakan senjata berat mereka, setelah pengiriman tersebut diumumkan pada Januari 2023.

Tank-tank tersebut dikirimkan ke Brigade Serangan Udara ke-82 Ukraina, tetapi sebagian besar disimpan sebagai cadangan, setelah beberapa tank dihancurkan oleh pesawat nirawak dan artileri Rusia selama upaya serangan balik Kiev akhir tahun itu.



Brigade Ke-82 adalah salah satu unit Ukraina yang saat ini berpartisipasi dalam serangan ke Rusia.

Sky News mengatakan pasukan ekspedisi telah mengerahkan beberapa tank Challenger 2, mengutip sumber anonim.

Outlet tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penggunaan kendaraan lapis baja Inggris di tanah Rusia.

Pada Rabu, saluran Telegram yang berfokus pada militer Rusia mengklaim video serangan pesawat nirawak terhadap tank Ukraina yang dirilis sebelumnya oleh media lain menunjukkan penghancuran Challenger 2.

Rekaman tersebut awalnya dipublikasikan Minggu lalu. Rekaman itu diduga menunjukkan serangan amunisi Lancet yang berkeliaran di dekat kota Sheptukhovka di Wilayah Kursk.

Permukiman itu pada saat itu ditandai sebagai dekat dengan garis depan aktif oleh Radio Free Europe, media berita yang didanai Amerika Serikat (AS).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More