Arsip Rahasia Ungkap 32 Lokasi Berbagai Negara Jadi Target Rudal Nuklir Rusia

Kamis, 15 Agustus 2024 - 15:08 WIB
Dokumen rahasia ungkap ada 32 lokasi di berbagai negara yang menjadi target rudal nuklir Rusia. Foto/Sputnik
LONDON - Daftar target di Inggris yang akan menjadi sasaran serangan Angkatan Laut Rusia dengan rudal nuklir jika terjadi perang dengan NATO telah terungkap.

Menurut dokumen rahasia Rusia yang bocor, target utama pasukan Presiden Vladimir Putin di kepulauan Inggris termasuk galangan kapal di Cumbria dan lokasi tak dikenal di dekat Edinburgh.

Secara keseluruhan, ada 32 target di berbagai negara sebagai lokasi target potensial bagi Angkatan Laut Rusia yang disebutkan dalam dokumen tersebut, menurut laporan Financial Times, Kamis (15/8/2024).



Peta yang terdapat dalam berkas tersebut menunjukkan target di luar Eropa Barat dan di wilayah lain termasuk Rumania dan Bulgaria. Anehnya, Turki, Iran, China, Korea Utara dan Korea Selatan, serta Jepang juga masuk dalam daftar.



Target yang tidak disebutkan namanya di Cumbria bisa jadi adalah galangan kapal selam Angkatan Laut Kerajaan Inggris di Barrow-in-Furness.

Sementara galangan kapal di Rosyth, Skotlandia, tempat kapal induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales dibangun, bisa jadi merupakan target.

Dokumen itu menunjukkan bahwa Moskow akan siap menggunakan senjata nuklir pada tahap awal konflik melawan musuh-musuhnya.

Dibuat antara tahun 2008 hingga 2014, dokumen yang terdiri dari 29 berkas itu menunjukkan bahwa Rusia memiliki kemampuan untuk mengangkut senjata nuklir di kapal permukaan, meskipun ada risiko kecelakaan yang dapat ditimbulkannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More