Serangan Iran ke Israel Akan Berbeda Dibandingkan Sebelumnya, Seperti Apa Kejutannya?

Rabu, 14 Agustus 2024 - 17:10 WIB
Serangan Iran ke Israel akan berbeda dibandingkan sebelumnya. Foto/Iran International
TEHERAN - Ancaman perang Iran -Israel sekarang berbeda dibandingkan saat Teheran melancarkan serangan langsung pertamanya ke Israel pada bulan April. Itu diungkapkan sumber orang dalam Israel yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Pertahanan Udara Israel dari tahun 2015 hingga 2018, kepada Iran International.

Proksi Iran, Hizbullah di Lebanon Selatan dan Houthi di Yaman tidak terlibat dalam skenario 13 April di mana Iran meluncurkan pesawat tanpa awak peledak dan menembakkan rudal ke Israel, yang mengakhiri perang bayangan selama bertahun-tahun antara kedua negara.

Serangan itu terjadi kurang dari dua minggu setelah dugaan serangan Israel di Suriah yang menewaskan dua komandan dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) di gedung konsulat Iran.



Potensi perang yang akan terjadi muncul kurang dari seminggu setelah kepala Hamas Ismail Haniyeh tewas di ibu kota Iran. Ia berada di Teheran untuk pelantikan presiden Iran yang baru terpilih, Masoud Pezeshkian.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei bersumpah akan membalas dendam terhadap Israel pada hari Rabu. Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mengatakan akan ada "balas dendam berdarah" atas pembunuhan Haniyeh.

Brigadir Jenderal Zvika Haimovich yakin Hizbullah akan memiliki peran penting dalam pembalasan Iran kali ini. Orang dalam Israel tersebut mengatakan ia tidak dapat meramalkan situasi apa pun selain Iran membalas dendam atas pembunuhan minggu lalu, yang menurut Teheran dilakukan Israel.

Israel belum mengonfirmasi atau membantah keterlibatan apa pun.

Haimovich mengatakan kepada Iran International bahwa masih banyak pertanyaan yang akan menentukan apakah akan ada perang skala penuh.

Pertanyaan pertama, katanya, adalah apakah Iran akan menyerang Israel bagian tengah seperti Tel Aviv atau apakah serangan itu akan dibatasi di bagian utara dekat kota Haifa. Pertanyaan kedua yang diajukannya adalah apakah Teheran akan menggunakan rudal yang akurat dan tepat atau akan menggunakan senjata statistik sederhana? Dan yang ketiga, menurut mantan Panglima tersebut, apakah Iran akan menggunakan salvo besar-besaran, yang merupakan pelepasan roket sekaligus.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More