4 Fakta Kapal Selam AS Georgia SSGN-729 yang Dikirim ke Timur Tengah untuk Lawan Iran

Selasa, 13 Agustus 2024 - 19:15 WIB
Kapal selam AS Georgia SSGN-729 didorong sejumlah kapal tunda. Foto/Diego Garcia
WASHINGTON - Georgia SSGN-729 dikabarkan akan jadi kapal selam pertama milik Amerika Serikat (AS) yang diluncurkan ke Timur Tengah dalam rangka menghadapi ancaman Iran. Ini merupakan salah satu langkah AS dalam membela Israel sebagai sekutunya.

Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin memerintahkan pengerahan kapal selam berpeluru kendali ke Timur Tengah. Dirinya juga memerintahkan kapal selam berpeluru kendali USS Georgia SSGN 729 ke wilayah Komando Pusat.

Awal bulan ini, Pentagon mengumumkan AS akan mengerahkan aset militer tambahan ke Timur Tengah menjelang kemungkinan pembalasan Iran terhadap Israel.



Ketegangan meningkat tinggi di Timur Tengah setelah pembunuhan Pemimpin Politik Hamas Ismail Haniyeh.

Teheran telah bersumpah akan memberikan “hukuman berat” kepada Israel atas pembunuhan Haniyeh. Tidak hanya Iran, Hizbullah juga diperkirakan akan membalas setelah Israel membunuh Shukr, petinggi kelompok Lebanon itu.

4 Fakta Kapal Selam AS Georgia SSGN-729

1. Kapal Selam Rudal Balistik



Georgia SSGN-729 yang dikirimkan AS ini bukanlah kapal selam biasa, melainkan adalah Kapal Selam Rudal Balistik Armada Bertenaga Nuklir Kelas TRIDENT.

Kapal selam ini menjadi kapal kedua Angkatan Laut Amerika Serikat yang diberi nama sesuai dengan negara bagian Georgia di AS.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More