Deretan 23 Negara Mayoritas Islam di Luar Arab, Mana Saja Itu?

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 15:02 WIB
Ada 23 negara mayoritas Islam di luar Arab, salah satunya Indonesia. Foto/EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
JAKARTA - Terdapat 23 negara mayoritas Islam di luar Arab atau Timur Tengah. Kebanyakan negara ini berasal dari benua Afrika, dan beberapa di antaranya ada di Asia.

Populasi Islam di dunia ini terbagi menjadi 1,5 miliar Muslim Sunni dan 240-340 juta Muslim Syiah menurut World Population Review. Sedangkan sisanya tersebar di beberapa denominasi yang lebih kecil.

Negara mayoritas muslim sendiri adalah negara yang lebih dari 50% penduduknya beragama Islam. Negara-negara ini memang tersebar di berbagai belahan dunia selain di wilayah Arab.





Sehingga, meskipun ada negara yang memiliki penduduk Muslim terbanyak belum tentu negara tersebut adalah mayoritas Muslim. Misalnya India yang memiliki lebih dari 211 juta penduduk Muslim dan menduduki posisi tiga sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, negara mayoritas di India tetaplah Hindu.

Wilayah Arab yang dimaksud adalah negara Timur Tengah yang terdiri dari Bahrain, Iran, Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Palestina, Lebanon, Oman, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Mesir.

23 Negara Mayoritas Islam di Luar Arab

1. Indonesia



Menurut survei Pew Research Center di tahun 2020, populasi muslim di Indonesia mencapai 87 % dengan total 229,6 juta penduduk.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More