7 Cara Licik Putra El Chapo Membantu AS Menangkap Gembong Narkotika Legendaris El Mayo

Senin, 29 Juli 2024 - 14:40 WIB
Penangkapan putra mantan gembong Kartel Sinaloa yang dipenjara Joaquin El Chapo Guzman dan pengedar narkoba legendaris Ismael El Mayo Zambada merupakan babak paling bersejarah dalam peran melawan kartel narkoba. Foto/EPA
WASHINGTON - Penangkapan putra mantan gembong Kartel Sinaloa yang dipenjara Joaquin "El Chapo" Guzman dan pengedar narkoba legendaris Ismael "El Mayo" Zambada merupakan babak paling bersejarah dalam peran melawan kartel narkoba .

Ternyata, penangkapan tersebut dikabarkan karena strategi aparat keamanan membujuk Joaquin Guzman untuk menjebak Zambada. Belum jelas apakah ada imbalan dari aparat keamanan Amerika Serikat (AS) dan konsensi yang akan diberikan kepada Guzman.

7 Cara Licik Putra El Chapo Membantu AS Menangkap Gembong Narkotika Legendaris El Mayo

1. Menipu El Mayo



Foto/EPA

Melansir Reuters, putra mantan gembong Kartel Sinaloa yang dipenjara Joaquin "El Chapo" Guzman berencana menyerahkan diri setelah mendarat. Penumpang lainnya - pengedar narkoba legendaris Ismael "El Mayo" Zambada - tidak melakukannya dan ditipu untuk naik pesawat oleh pria yang lebih muda, menurut dua pejabat AS saat ini dan dua mantan pejabat AS yang mengetahui situasi tersebut.

Penangkapan Zambada menyusul pembicaraan penyerahan diri yang panjang antara otoritas AS dan putra El Chapo, Joaquin Guzman Lopez, kata sumber tersebut. Namun, banyak pejabat Amerika telah putus asa agar Joaquin menyerahkan diri, dan tidak menyadari ketika dia mengirim pesan menit terakhir bahwa dia akan tiba dengan seorang gembong yang telah dikejar otoritas AS selama empat dekade.

"El Mayo adalah puncaknya," kata seorang pejabat AS, yang menolak disebutkan namanya karena ia tidak berwenang untuk berbicara di depan umum tentang penangkapan tersebut. "Itu sama sekali tidak diduga."

2. Dibujuk untuk Melihat Proyek Properti di Meksiko Utara



Foto/EPA

Guzman Lopez telah meyakinkan Zambada untuk naik pesawat dengan mengatakan kepadanya bahwa mereka terbang untuk melihat real estat di Meksiko utara, menurut dua pejabat AS saat ini dan satu mantan pejabat AS.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More