Rusia Tuding Ukraina Gunakan Senjata Kimia di Medan Perang

Jum'at, 19 Juli 2024 - 17:15 WIB
Tentara Ukraina melakukan latihan perang senjata kimia. Foto/REUTERS
MOSKOW - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov menyatakan pasukan Ukraina mengerahkan senjata kimia terhadap pasukan Rusia di medan perang.

Dia menambahkan, Moskow telah mengumpulkan cukup bukti untuk membuktikan Kiev bekerja sama dengan Washington untuk memproduksi komponen senjata biologis.

Dalam komentarnya untuk saluran TV Rusia Zvezda pada Kamis (18/7/2024), Ryabkov mengklaim Kiev telah terlibat dalam kegiatan ilegal yang terkait dengan perang kimia dan biologis.



Namun, dia mencatat perlu "memisahkan masalah penggunaan agen perang kimia, yang tentu saja kami catat dalam tindakan Angkatan Bersenjata Ukraina" dari masalah penelitian senjata biologis.

Diplomat tersebut mengatakan Rusia sedang menginformasikan kepada badan-badan internasional terkait tentang kedua masalah tersebut dan mengirimkan laporan kepada Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Mengenai pelanggaran Konvensi Senjata Biologi, Ryabkov menyatakan selama konflik yang berlangsung hampir dua setengah tahun, militer Rusia telah mengumpulkan "materi yang komprehensif dan ekstensif yang menunjukkan kedalaman penuh kerja sama antara Washington dan Kiev di bidang ini."

Dia menggambarkan dugaan pelanggaran tersebut sebagai "tidak dapat diterima" dan mengatakan pelanggaran tersebut dikecam tidak hanya oleh Rusia, tetapi juga oleh banyak anggota masyarakat internasional.

Pada saat yang sama, Ryabkov mengatakan Moskow belum dapat memperoleh jawaban yang jelas tentang kekhawatirannya dari Ukraina dan para pendukungnya dari Barat.

OPCW mendefinisikan senjata kimia sebagai "bahan kimia yang digunakan untuk menyebabkan kematian atau bahaya yang disengaja melalui sifat-sifat racunnya," yang dapat disebarkan melalui bom, peluru artileri, atau alat pengiriman lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More