Banyak Orang Mencintai dan Membenci Donald Trump, Apa Rahasianya?

Senin, 15 Juli 2024 - 14:40 WIB
Donald Trump tetap dibenci dan dicintai orang AS. Foto/AP
WASHINGTON - Dakwaannya yang dihebohkan media di New York merupakan contoh A di luar pengadilan. Ketika kembali ke kota metropolitan yang tidak memiliki bisnis seperti bisnis pertunjukan yang mendorongnya menjadi terkenal di tabloid bertahun-tahun yang lalu, mantan presiden tersebut juga kembali ke tahap di mana dia paling berkembang.

Saat Trump melakukannya, bahkan dengan cara yang sangat tenang, dia menunjukkan cara aneh dia menghadapi dunia — ketika pihak termasyhur dan pihak yang dirugikan bergabung menjadi satu.

Cinta dia? Benci dia? Tidak peduli? Tidak masalah. Sama seperti pada masa kepresidenannya, dia memerintahkan pemberitahuan. Tetap. Ribuan petugas kepolisian Kota New York, Secret Service AS, dan sejumlah jurnalis yang ditempatkan di seluruh wilayah Manhattan dapat membuktikan hal tersebut.



Itu adalah penampilan prosedural di pengadilan, drama tingkat rendah dalam kasus pidana, tapi itu adalah tontonan penuh. Dan menyebutnya demikian, jika kita menilainya dengan cara seperti itu, hal ini tidak akan mengurangi hal tersebut – tidak demikian halnya dengan dunia saat ini, di mana tontonan dan semua produk sampingannya mendorong perhatian ekonomi dan perbincangan budaya.

Ada sesuatu pada hari Selasa, dan pada lima hari sebelumnya, yang terasa familier sekaligus sangat tidak normal.

Secara umum, masyarakat Amerika telah meninggalkan etos Trump yang selama ini mendominasi kehidupan kita antara tahun 2016 dan, katakanlah, pertengahan tahun 2021. Jadi, pertikaian ala Trump yang muncul sejak berita dakwaan muncul pada hari Kamis bukanlah hal yang baru. Hal yang juga tidak asing lagi adalah benturan antara pameran dan keseriusan, antara intrik pemerintah dan retorika apa pun dari populisme abad ke-21 yang dipengaruhi oleh realitas TV.

Sama seperti pada masa kepresidenan Trump, Anda melihat monumen yang dibangun orang Amerika untuk meyakinkan diri mereka sendiri bahwa upaya mereka untuk mengelola republik demokratis adalah upaya yang sangat serius. Sebelumnya, ini adalah gedung eksekutif dan legislatif di Washington; pada hari Selasa, hal itu terjadi di gedung pengadilan yang terbuat dari batu berat yang didirikan dengan arsitektur megah yang mengabadikan supremasi hukum.

Namun semua keakraban itu mengaburkan sesuatu yang benar-benar baru di bawah matahari Amerika: momen demi momen yang mencatat seorang mantan presiden berangkat ke pengadilan, memasuki pengadilan, didakwa melakukan tindak pidana kejahatan di pengadilan, meninggalkan pengadilan dalam iring-iringan mobil menuju bandara untuk naik pesawat pribadinya, yang namanya dilukis di depan umum di sisinya.

“Dunia Lain adalah cara yang tepat untuk menggambarkannya,” kata Dana Bash di CNN.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More