Ukraina Ciptakan Legiun Baru untuk Warga yang Tinggal di Luar Negeri

Rabu, 10 Juli 2024 - 22:50 WIB
Ukraina menciptakan legiun baru untuk membujuk warga yang di luar negeri bergabung bersama militer. Foto/AP
MOSKOW - Militer Ukraina meluncurkan inisiatif baru untuk menarik para lelaki usia tempur yang tinggal di luar negeri untuk mendaftar militer, seiring dengan upaya Kyiv yang mati-matian untuk mengisi kembali pasukannya yang terkuras di garis depan.

Pembentukan Legiun Ukraina terjadi setelah lebih dari dua tahun pertempuran, yang menyebabkan banyak korban jiwa menguras tenaga militer yang dibutuhkan untuk melawan pasukan Rusia yang maju.

Pembentukan unit baru ini merupakan bagian dari perjanjian keamanan lebih luas yang ditandatangani oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Polandia Donald Tusk awal pekan ini.



“Kami menyerukan kepada seluruh warga Ukraina di Eropa untuk bergabung dengan Legiun Ukraina. Kontribusi Anda sangat berharga dalam perjuangan kami untuk kebebasan dan kemerdekaan,” Menteri Pertahanan Rustem Umerov mengumumkan melalui media sosial pada Selasa malam.

Inisiatif ini bertujuan untuk merekrut sukarelawan dari kelompok pria Ukraina yang tinggal di Eropa, khususnya Polandia dan Jerman, yang merupakan rumah bagi pengungsi Ukraina dalam jumlah terbesar.



Diperkirakan 300.000 pria Ukraina dalam usia berperang diyakini tinggal di Polandia saja.

Ratusan ribu pria Ukraina diyakini telah tinggal di Eropa sebelum perang, sementara sejumlah lainnya melarikan diri setelah invasi Rusia – sebagian secara legal dan lainnya melalui cara-cara terlarang.

Pengesahan undang-undang baru pada bulan Mei yang menurunkan usia minimum untuk mobilisasi dari 27 tahun menjadi 25 tahun juga telah mendorong banyak orang untuk menghindari potensi wajib militer.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More