Bertemu Menlu China, Menlu RI Singgung Soal Ketersediaan Vaksin

Kamis, 20 Agustus 2020 - 22:15 WIB
Retno menuturkan Indonesia menyampaikan mengenai pentingnya jumlah vaksin yang memadai, tepat waktu, aman, dan dengan harga yang terjangkau. Foto/REUTERS
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia , Retno Marsudi dan Menteri BUMN, Erick Thohir diketahui telah melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China , Wang Yi. Isu soal vaksin Covid-19 menjadi salah satu fokus pertemuan yang berlangsung di Hainan, China itu.

Retno menuturkan, ada empat hal yang menjadi fokus pembicaraan dengan Wang Yi. Pertama, komitmen kedua negara untuk terus memperkokoh kerjasama bilateral berdasarkan asas saling menghormati dan saling menguntungkan. Kedua, komitmen kedua negara untuk terus menjaga stabilitas dan keamanan kawasan.

Ketiga, jelas Retno, adalah komitmen untuk meningkatkan kerjasama di bidang vaksin. "Dalam pertemuan tadi, Indonesia menyampaikan mengenai pentingnya jumlah vaksin yang memadai, tepat waktu, aman, dan dengan harga yang terjangkau," ucap Retno saat menggelar konferensi pers virtual pada Kamis (20/8/2020).

"Indonesia melihat adanya komitmen kuat dari sejumlah industri farmasi China untuk melakukan kerjasama vaksin dengan Indonesia, dan kami juga melihat komitmen pemerintah China untuk mendukung kerjasama tersebut," sambungnya.

Hal keempat adalah Indonesia dan China juga terus memiliki tekad kuat untuk memperkokoh kerjasama ekonomi selama dan paska pandemi, termasuk di bidang perdagang. Di mana, Retno menyebut, Indonesia terus berupaya untuk menurunkan angka defisit perdagangan. ( )
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(esn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More