Deretan Dukungan Militer AS untuk Israel

Rabu, 10 April 2024 - 20:20 WIB
AS memberikann dukungan tanpa batas kepada Israel. Foto/AP
GAZA - Bencana kemanusiaan di Gaza telah mendorong seruan kepada Washington untuk memberikan persyaratan pada pendanaan militer miliaran dolar dan bantuan lain yang diberikannya kepada Israel . Negara zionis itu juga telah menerima lebih banyak bantuan luar negeri AS sejak Perang Dunia Kedua dibandingkan negara mana pun.

Berikut rincian dukungan AS terhadap Israel dalam memerangi pejuang Hamas di Gaza.

Deretan Dukungan Militer AS untuk Israel

1. Bantuan Peralatan hingga Sistem Pertahanan



Foto/AP

Pada tahun 2016, pemerintah A.S. dan Israel menandatangani Nota Kesepahaman 10 tahun yang ketiga, yang mencakup periode 1 Oktober 2018 hingga 30 September 2028. MOU tersebut memberikan bantuan militer senilai total USD38 miliar selama 10 tahun. $33 miliar dalam bentuk hibah untuk membeli peralatan militer dan USD5 miliar untuk sistem pertahanan rudal.





2. Negara di Luar AS yang Mengoperasikan Pesawat Siluman F-35



Melansir Reuters. Israel adalah operator internasional pertama F-35 Joint Strike Fighter, yang dianggap sebagai jet tempur paling berteknologi maju yang pernah dibuat. Israel sedang dalam proses membeli 75 unit F-35 dan – pada tahun lalu – telah menerima pengiriman 36 unit, dan membayarnya dengan bantuan AS.

Amerika Serikat juga telah membantu Israel mengembangkan dan mempersenjatai sistem pertahanan roket jarak pendek Iron Dome, yang dikembangkan setelah perang tahun 2006 antara Israel dan Hizbullah yang berbasis di Lebanon. Amerika Serikat telah berulang kali mengirimkan ratusan juta dolar kepada Israel untuk membantu mengisi kembali rudal pencegatnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More