5 Keunggulan Sistem Pertahanan Laser DragonFire, Salah Satunya Murah Meriah Hanya Rp200 Ribu per Tembakan

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:33 WIB
DragonFire menjadi sistem pertahanan canggih yang dikembangkan Inggris. Foto/Reuters
LONDON - Inggris telah memamerkan senjata laser baru yang menurut militernya dapat menghancurkan rudal atau pertahanan pesawat yang mematikan dengan biaya sekitar USD13 atau Rp 200 ribu per tembakan. Itu berpotensi menghemat puluhan juta dolar dibandingkan biaya pencegat rudal yang bisa melakukan pekerjaan tersebut saat ini.

Video yang baru dirilis mengenai uji coba yang disebut oleh Kementerian Pertahanan Inggris sebagai DragonFire, sebuah sistem senjata energi terarah laser (LDEW), menangkap apa yang menurut kementerian tersebut merupakan keberhasilan penggunaan laser terhadap sasaran udara selama demonstrasi bulan Januari di Skotlandia.

“Ini berpotensi menjadi pengubah permainan bagi pertahanan udara,” kata video tersebut ketika sinar laser terang menembus langit malam di atas lapangan tembak di kepulauan Hebrides yang terpencil, menciptakan bola cahaya saat mencapai sasarannya, dilansir CNN.

5 Keunggulan Sistem Pertahanan Laser DragonFire, Salah Satunya Murah Meriah Hanya Rp200 Ribu per Tembakan

1. Memiliki Presisi yang Tinggi

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan DragonFire dapat dengan tepat mencapai target sekecil koin “dalam jarak jauh,” namun tidak memberikan rincian lebih lanjut. Jangkauan pasti senjatanya masih dirahasiakan, katanya.

"Sinar laser dapat menembus logam yang menyebabkan kegagalan struktural atau dampak yang lebih besar jika hulu ledak menjadi sasarannya,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.



Dan diklaim bahwa mereka juga berhasil mencapai sasarannya dengan biaya yang sangat kecil dibandingkan harga rudal pertahanan udara yang ada saat ini.

2. Biayanya Hanya Rp200 Ribu per Tembakan



Foto/Reuters

Kementerian Pertahanan memperkirakan harga penembakan laser 10 detik adalah sekitar USD13 atau Rp200 ribu. Sebaliknya, Standard Missile-2 yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat untuk pertahanan udara berharga lebih dari USD2 juta per tembakan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More