5 Dampak Kemesraan Hubungan China dan Rusia bagi Asia Pasifik

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:13 WIB
China dan Rusia akan memperkuat kerja sama di Asia Pasifik. Foto/Reuters
BEIJING - China telah menunjukkan hubungan yang kuat secara historis dengan Rusia dan menyerukan kedua negara untuk berkoordinasi dalam bidang keamanan, stabilitas, dan pembangunan di kawasan Asia-Pasifik.

Itu ditandai dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov ke China beberapa waktu lalu. Dia dan pejabat Tiongkok tersebut juga bertukar pandangan dengan mengenai krisis Ukraina, situasi di semenanjung Korea, dan masalah internasional dan regional lainnya, kata pernyataan itu.

5 Dampak Kemesraan Hubungan China dan Rusia bagi Asia Pasifik

1. Mendorong Perubahan



Foto/Reuters

"China dan Rusia harus memainkan peran yang lebih baik sebagai jangkar stabilitas dalam perubahan keadaan abad ini,” kata Kementerian Luar Negeri di Beijing dalam sebuah pernyataansetelah kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong ke Moskow.



Meskipun khawatir akan merusak hubungan dengan Barat, Beijing menolak untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, dan hubungan antara kedua negara BRICS tetap hangat di tengah perang tersebut.

2. Memanfaatkan Momentum Periode Terbaik

Sun mengatakan dalam pernyataannya bahwa “di bawah bimbingan strategis Presiden Xi Jinping dan Presiden Putin… hubungan antara kedua negara berada pada periode terbaik dalam sejarah”.



3. Bersatu Melawan Barat

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More