Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:16 WIB
Israel dan Brasil memiliki hubungan antara cinta dan benci. Foto/Reuters
GAZA - Brasil telah menarik duta besarnya untuk Israel dan mengatakan tidak akan mencabut pernyataan yang oleh pemerintah Israel disebut “anti-Semit” ketika perselisihan antara kedua negara meningkat minggu ini.

Pada hari Minggu, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva membandingkan perang Israel di Gaza, yang menewaskan hampir 30.000 warga Palestina, dengan Holocaust, sehingga memicu kemarahan Israel.

Israel menyatakan Lula persona non grata pada hari Senin, memanggil duta besar Brasil dan menuntut agar Brasilia mencabut pernyataan tersebut. Sebagai imbalannya, Brazil memanggil duta besar Israel di Brasilia untuk memberikan sanksi pada hari Senin dan juga memanggil kembali utusannya untuk Tel Aviv.

Ketegangan ini menandai babak terbaru dalam hubungan antara dua negara yang terpisah lebih dari 10.000 km namun terikat oleh sejarah sejak berdirinya Israel.

3 Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil serta Israel

1. Brasil Menentang Invasi Israel ke Gaza





Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Brasil mengecam serangan tanggal 7 Oktober terhadap Israel, yang dipimpin oleh kelompok bersenjata Palestina Hamas, yang menewaskan 1.139 orang dan lebih dari 200 orang disandera.

Namun, negara ini juga vokal mengenai perang di Gaza, mengutuk serangan tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel terhadap warga sipil dan infrastruktur penting. Lula mengatakan tahun lalu bahwa kematian ribuan anak “sangat mengejutkan”.

Di Dewan Keamanan PBB, yang merupakan anggota tidak tetapnya, Brasil mendukung setiap resolusi yang menyerukan gencatan senjata di Gaza meskipun Amerika Serikat telah memveto langkah tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More