3 Alasan Israel Tarik 5 Brigade Tentara dari Gaza, Salah Satunya Ekonomi Babak Belur

Kamis, 04 Januari 2024 - 18:11 WIB
Ada tiga alasan Israel menarik lima brigade tentara dari perang di Gaza, salah satunya karena kondisi ekonomi Israel sudah babak belur. Foto/REUTERS
TEL AVIV - Israel telah memutuskan akan menarik lima brigade tentara dari pertempuran Gaza, Palestina. Keputusan ini membuat seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan intensitas konflik telah berkurang.

Namun para pejabat Israel mengeluarkan pesan yang beragam mengenai masalah ini, dan mengatakan bahwa operasi militer telah mengalihkan fokus dan pertempuran akan terus berlanjut selama berbulan-bulan.

Tembakan roket dari Gaza telah menurun tajam dalam beberapa pekan terakhir ketika pertempuran berkecamuk di wilayah kantong padat penduduk yang berpenduduk 2,3 juta orang, menewaskan lebih dari 22.000 warga Palestina. Operasi Israel di Gaza termasuk serangan udara dan tembakan artileri.



Menteri Pertahanan Yoav Gallant bersugesti penurunan kekerasan akan memungkinkan beberapa komunitas pengungsi Israel untuk pulang ke daerahnya yang berada dalam jarak empat hingga tujuh kilometer di utara Jalur Gaza.



Namun Mayor Jenderal Yaron Finkelman, panglima Komando Selatan militer Israel, mengatakan bahwa pertempuran akan terus berlanjut di seluruh Gaza. “Dalam berbagai metode, dalam berbagai intensitas, dan dalam berbagai bentuk," katanya.

“Kami melanjutkan pelatihan para perwira dan komandan. Setelah pengalaman mereka dalam pertempuran, mereka kembali berlatih dan akan bergabung dengan barisan komandan tentara setelah mereka selesai,” kata juru bicara militer Israel Laksamana Daniel Hagari.



Tiga Alasan Israel Tarik 5 Brigade dari Perang Gaza

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More