4 Konsekuensi Penarikan Ribuan Tentara Israel dari Gaza

Selasa, 02 Januari 2024 - 20:20 WIB
Tentara Israel menarik ribuan tentaranya dari Gaza. Foto/Reuters
GAZA - Militer Israel telah mengumumkan bahwa mereka akan menarik ribuan tentaranya dari Jalur Gaza yang terkepung dalam penarikan pasukan signifikan pertama sejak perang di sana dimulai pada bulan Oktober.

Israel semakin mendapat tekanan dari sekutu utamanya, Amerika Serikat, untuk beralih ke perang dengan intensitas lebih rendah dan korban sipil lebih sedikit.

Namun di kota selatan Khan Younis, pertempuran sengit terus berlanjut ketika Israel menegaskan kembali janjinya untuk melanjutkan perang sampai tujuannya tercapai, termasuk menghancurkan kelompok Palestina Hamas, yang menewaskan sekitar 1.140 orang dalam serangan di Israel selatan pada 7 Oktober.

Dalam sebuah pernyataan, militer mengatakan pada hari Senin bahwa lima brigade, atau beberapa ribu tentara, dibawa keluar dari daerah kantong tersebut untuk pelatihan dan istirahat.

Juru bicara Angkatan Darat Daniel Hagari tidak mengatakan apakah keputusan itu berarti perang memasuki fase baru dalam pengarahan pada hari Minggu yang pertama kali mengumumkan penarikan pasukan.



“Tujuan perang memerlukan pertempuran yang berkepanjangan, dan kami sedang mempersiapkannya,” katanya.

4 Konsekuensi Penarikan Ribuan Tentara Israel dari Gaza

1. Ada Perubahan Strategi karena Tekanan AS



Foto/Reuters

Shlomo Brom, pensiunan brigadir jenderal yang sebelumnya bertanggung jawab atas perencanaan strategis di militer Israel, mengatakan pergantian pasukan mungkin karena tekanan AS dan bisa menjadi sinyal perubahan cara Israel melakukan perang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More