Adakah Negara ASEAN yang Menjadi Sekutu Israel?

Minggu, 10 Desember 2023 - 11:30 WIB
Adakah negara ASEAN yang menjadi sekutu Israel? Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Konflik bersenjata yang terjadi di Jalur Gaza tidak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Sebaliknya, Israel telah memperluas serangan daratnya ke bagian selatan Jalur Gaza dengan menyerang Khan Younis sejak gagalnya upaya untuk memperpanjang gencatan senjata pekan lalu.

Ditengah konflik yang konflik bersenjata yang telah menimbulkan krisis kemanusiaan itu, sekutu kental Israel Amerika Serikat (AS) dengan tegas menolak upaya gencatan senjata di Jalur Gaza dengan menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB.

Selain Amerika Serikat (AS), Israel memiliki sekutu yang loyal terutama negara-negara Barat. Namun adakah negara yang menjadi sekutu Israel di wilayah Asia, khususnya negara anggota ASEAN?

Hingga saat ini, tidak ada negara ASEAN yang secara resmi menyebut diri mereka sebagai sekutu negara Zionis itu. Meski begitu, diketahui beberapa negara ASEAN mendukung dan memiliki hubungan diplomatik dengan Israel serta telah menjalin kemitraan dan kerja sama di berbagai bidang.

Negara-negara ASEAN yang Mendukung Israel





Berikut adalah daftar negara ASEAN yang mendukung Israel

1. Singapura



Singapura mengakui kedaulatan Israel sebagai sebuah negara sejak 1969. Negara ini lantas menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dimulai pada tahun 1970. Singapura dan Israel memiliki kerjasama di bidang pertahanan, perdagangan, teknologi, dan pendidikan. Kedua negara tersebut saling membutuhkan dan menjalin hubungan kerjasama yang harmonis hingga sekarang ini.

Meski begitu, Singapura juga menjadi negara yang menolak penindasan. Singapura pun juga mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More