5 Ketakutan Israel saat Perang Panjang Melawan Hamas di Gaza

Sabtu, 18 November 2023 - 19:19 WIB
Tentara Israel mempunyai banyak ketakutan dengan perang panjang di Gaza. Foto/Reuters
GAZA - Israel berisiko menghadapi pemberontakan yang panjang dan berdarah jika mereka mengalahkan Hamas dan menduduki Gaza tanpa rencana pascaperang yang kredibel untuk menarik pasukannya dan bergerak menuju pembentukan negara Palestina.

Sejauh ini belum ada gagasan yang dilontarkan oleh Israel, Amerika Serikat, dan negara-negara Arab mengenai pemerintahan Gaza pascaperang yang berhasil mendapatkan dukungan, menurut dua pejabat AS dan empat pejabat regional serta empat diplomat yang akrab dengan diskusi tersebut, sehingga menimbulkan kekhawatiran. militer Israel mungkin akan terperosok dalam operasi keamanan yang berkepanjangan.

Berikut adalah 5 ketakutan Israel dengan perang panjang melawan Hamas di Gaza.

1. Penguasaan Cepat Gaza yang Cepat, Justru Jadi Momok bagi Israel



Foto/Reuters

Ketika Israel memperketat kendalinya atas Gaza utara, beberapa pejabat di Washington dan negara-negara Arab khawatir Israel mengabaikan pelajaran dari invasi AS ke Irak dan Afghanistan ketika kemenangan militer yang cepat diikuti oleh militansi yang kejam selama bertahun-tahun.



Jika pemerintahan Hamas di Gaza digulingkan, infrastrukturnya hancur dan perekonomiannya hancur, radikalisasi masyarakat yang marah dapat memicu pemberontakan yang menargetkan pasukan Israel di jalan-jalan sempit di wilayah tersebut, kata para diplomat dan pejabat.

Israel, AS, dan banyak negara Arab sepakat bahwa Hamas harus digulingkan setelah mereka melancarkan serangan lintas batas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang. Namun belum ada konsensus mengenai apa yang harus menggantikannya.



2. Otoritas Palestina Tidak Akan Mampu Memimpin Gaza

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More