Deretan Rumah Sakit Gaza yang Dihancurkan Israel, Salah Satunya RS Indonesia

Senin, 23 Oktober 2023 - 21:50 WIB
Serangan Israel ke RS Al Ahli menewaskan ratusan orang. Foto/Reuters
GAZA - Israel sangat pantas dilabeli sebagai penjahat perang karena melakukan serangan mematikan ke beberapa rumah sakit di Gaza. Kini Israel juga sudah memperingatkan banyak RS lainnya untuk dikosongkan.

Padahal, menghancurkan RS merupakan suatu hal yang dilarang dalam hukum perang. Namun, Israel mengabaikannya. Israel berdalih bahwa pengeboman RS itu sebagai lokasi bersembunyi pasukan Hamas berserta cadangan roketnya.

Berikut adalah 3 RS di Gaza yang dihancurkan oleh Israel.

1. RS Al Ahli



Foto/Reuters

Israel dan Palestina saling menyalahkan atas pemboman rumah sakit RS Al Ahli pada 18 Oktober 2023. Presiden AS Joe Biden, yang mendukung Israel sejak awal konflik, mengatakan bahwa berdasarkan informasi, dia melihat ledakan di rumah sakit itu tampaknya disebabkan oleh roket yang ditembakkan oleh “kelompok teroris”, yang sejalan dengan pandangan Israel.



Beberapa negara Barat telah menyerukan penyelidikan, tanpa menyalahkan tahap ini, sementara negara-negara Arab menyalahkan Israel.

Didirikan pada tahun 1882 dan dijalankan oleh gereja Anglikan, Rumah Sakit Al Ahli Arab menggambarkan dirinya di situs webnya sebagai "surga yang damai di tengah salah satu tempat paling bermasalah di dunia".

Rumah sakit tersebut mengatakan pihaknya menawarkan 80 tempat tidur dengan layanan seperti program gratis untuk mendeteksi kanker payudara, pusat untuk wanita lanjut usia, dan klinik keliling yang menawarkan layanan gratis ke kota-kota sekitarnya.

Terletak di lingkungan Zeitoun di Kota Gaza, di wilayah utara Jalur Gaza.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More