Seberapa Besarkah Kekuatan Tentara Israel?

Rabu, 11 Oktober 2023 - 04:10 WIB
IDF terdiri dari tiga cabang layanan: Angkatan Darat Israel, Angkatan Udara Israel, dan Angkatan Laut Israel.

IDF dipimpin oleh Kepala Staf Umum (saat ini menjabat dalam kapasitas ini adalah Herzi Halevi), yang berada di bawah Menteri Pertahanan Israel (saat ini Yoav Gallant).

Para panglima angkatan darat dan udara, serta angkatan laut, melapor kepada kepala staf, begitu pula para komandan regional dan kepala berbagai direktorat pertahanan, termasuk Korps Intelijen.

3. Memiliki 176.500 Tentara Aktif



Foto/Reuters

Jumlah total pasukan IDF kira-kira berjumlah 176.500 tentara aktif, menurut sumber terbuka.

Angkatan Darat Israel, yang meliputi korps infanteri, lapis baja dan artileri, berjumlah sekitar 126.000 personel aktif dan sekitar 400.000 personel cadangan. Mayor Jenderal Yoel Strick saat ini memimpin angkatan darat.

Pasukan ini mengambil bagian dalam semua operasi militer besar yang dilakukan oleh Israel, di antaranya Perang Arab-Israel tahun 1948, Krisis Suez tahun 1956, dan Perang Enam Hari tahun 1967, juga saat ini terlibat dalam konflik bersenjata Hamas-Israel saat ini.

Pasukan darat menggunakan beberapa teknologi yang dikembangkan di dalam negeri, seperti tank tempur utama Merkava, pengangkut personel lapis baja Achzarit, dan sistem pertahanan rudal Iron Dome.

4. Memiliki 684 Pesawat

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More