5 Aksi Mogok Makan Terlama dalam Sejarah, Salah Satunya Berlangsung 10 Tahun

Minggu, 20 Agustus 2023 - 18:25 WIB

2. Solange Fernex (40 Hari)



Foto/Wikipedia

Lahir pada tahun 1934 Prancis, Solange Fernex menjadi salah satu politisi paling berpengaruh yang pernah ada di negara itu. Kebijakan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan dampak tenaga nuklir terhadap lingkungan, serta potensi kehancuran yang dapat ditimbulkan oleh bencana reaktor.

Untuk meningkatkan kesadaran akan dirinya, kampanye Solange mengambil bagian dalam puasa kelaparan selama 40 hari dengan harapan masyarakat akan memberikan suara mendukung pelucutan senjata nuklir.

Sayangnya, hal itu tidak terjadi, tetapi hingga hari ini Solange tercatat dalam sejarah atas usahanya yang gagah berani sebagai seorang aktivis.

3. Bobby Sands (66 Hari)



Foto/Times

Lahir di Irlandia pada tahun 1954, Bobby Sands tumbuh menjadi salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah Irlandia.

Pada tahun 1972 Bobby bergabung dengan IRA Sementara, dan setelah dibebaskan dari penjara pada tahun 1976 setelah menjalani hukuman karena memiliki empat pistol, dia kembali ke keluarganya di Belfast Barat di mana dia merencanakan Pengeboman Perusahaan Furnitur Balmoral di Dunmurry.

Baku tembak berikutnya menyebabkan dua geng terluka. Sands dan anggota kelompok lainnya melarikan diri dari tempat kejadian tetapi segera ditangkap dan dijatuhi hukuman 14 tahun karena memiliki senjata api. Sands adalah tahanan yang mengganggu, dan setelah keributan menghabiskan 22 hari di sel tanpa furnitur, dia telanjang dan menjalani diet Kelaparan. Hal ini menyebabkan gangguan lebih lanjut, termasuk “protes kotor”, ketika para tahanan menolak untuk mencuci dan melumuri dinding sel mereka dengan kotoran.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More