Tak Takut Diinvasi, Junta Niger Abaikan Ultimatum ECOWAS

Senin, 07 Agustus 2023 - 07:06 WIB
Dipimpin oleh Nigeria, beberapa negara anggota blok ECOWAS telah menyusun rencana perang dan sedang mempersiapkan invasi.

Namun, anggota Parlemen di Nigeria telah mendorong Presiden Bola Tinubu untuk mencari solusi diplomatik sebelum mengirim pasukan Nigeria melintasi perbatasan.

Yang mendukung para pemimpin kudeta adalah pemerintah Mali dan Burkina Faso, keduanya merebut kekuasaan di tengah gelombang kerusuhan anti-Prancis selama dua tahun terakhir.

Setelah mengusir pasukan Prancis—yang terlibat dalam operasi kontra-pemberontakan selama satu dekade—dari wilayah mereka, kedua pemerintah itu telah berjanji untuk memperlakukan setiap invasi ECOWAS terhadap Niger sebagai deklarasi perang melawan mereka.

Bazoum telah menyerukan intervensi militer Amerika Serikat, namun belum ada respons.

Amerika Serikat dan Uni Eropa telah memberlakukan sanksi terhadap Niger setelah kudeta militer, dan Prancis telah menyatakan mendukung upaya ECOWAS untuk membawa Bazoum—sekutu Paris—kembali berkuasa.

Namun, pemerintah Prancis belum secara eksplisit menyatakan apakah mendukung intervensi militer langsung.

Junta memperingatkan pada Minggu malam bahwa "negara adikuasa asing" sedang bersiap untuk campur tangan di Niger. Namun, tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More