10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Rabu, 19 Juli 2023 - 03:10 WIB
DMZ menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Foto/Reuters
SEOUL - Demilitarized Zone atau Zona Demilitarisasi (DMZ) bukan hal yang sesuatu yang menyeramkan saja di perbatasan Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel). DMZ dikenal sebagai salah satu destinasi ketika berkunjung ke Korsel.

DMZ menjadi pemberitaan setelah seorang warga negara Amerika Serikat (AS) mungkin ditahan setelah menyeberang ke Korut pada Selasa (18/7/2023) selama tur di “desa damai” Panmunjom.

Dikenal secara resmi sebagai Area Keamanan Bersama (JSA), di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang dijaga ketat, telah menjadi pusat insiden diplomatik dan militer yang dramatis selama bertahun-tahun.

Yang paling terkenal, tentara Korea Utara yang menggunakan kapak di DMZ pada tahun 1976 membunuh dua tentara AS yang sedang menebang pohon poplar untuk mendapatkan pandangan yang jelas. Pada tahun 2017, seorang tentara Korea Utara dihujani peluru oleh rekan-rekannya, tetapi akhirnya selamat saat dia berlari ke Selatan.

Kali ini, bukan hal menyedihkan berkaitan dengan DMZ. Berikut adalah 10 hal yang menyenangkan berkaitan dengan DMZ.

1. Perang Korea Membagi Semenanjung Korea menjadi Dua





Foto/Reuters

Setelah Perang Korea, garis gencatan senjata ditarik melintasi Semenanjung Korea dan gencatan senjata diberlakukan, yang berarti Korea Utara dan Korea Selatan masih resmi berperang.

Sudah lebih dari 70 tahun sejak Selatan dan Utara terpecah dan ada kalanya beberapa insiden meningkatkan ketegangan di antara mereka. Namun demikian, diragukan bahwa kedua negara ini akan berperang di masa depan (semoga).

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More