Ada Opsi 41 Jet Tempur F/A-18 Hornet Australia Dikirim ke Ukraina

Rabu, 07 Juni 2023 - 02:02 WIB
Amerika Serikat, Australia, dan Ukraina sedang membahas opsi mengirim 41 jet tempur F/A-18 Hornet Canberra ke Kyiv untuk melawan invasi Rusia. Foto/RAAF
SYDNEY - Australia, Amerika Serikat (AS), dan Ukraina sedang mendiskusikan pengiriman 41 jet tempur F/A-18 Hornet Canberra ke Kyiv untuk membantu melawan invasi Rusia.

Puluhan jet tempur itu merupakan pesawat bekas atau telah pensiun, dan mengirim ke Ukraina menjadi opsi daripada mengirimnya ke tumpukan sampah seperti yang direncanakan awal atau dijual kembali ke Amerika.

The Australian Financial Review, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, melaporkan pada Selasa (6/6/2023) bahwa AS—yang baru-baru ini memberikan izin kepada sekutu Barat lainnya untuk memasok Ukraina dengan jet tempur canggih, termasuk F-16 buatan AS—cenderung mendukung gagasan untuk memberi Ukraina F/A-18.



Puluhan pensiunan F/A-18 tersebut saat ini berada di pangkalan Williamtown Angkatan Udara Australia (RAAF) di luar Newcastle.



Persetujuan Washington diperlukan karena memiliki kekayaan intelektual pada jet yang telah dipensiunkan oleh RAAF dan yang digantikan oleh jet tempur siluman F-35, di mana Canberra memesan 72 unit.

Selain mengirim ke Ukraina, opsi lain untuk pensiunan puluhan jet tempur F/A-18 Hornet Australia adalah opsi dihapus atau dijual ke perusahaan penerbangan sektor swasta, RAVN Aerospace, untuk digunakan di AS sebagai "musuh" bagi penerbang militer dalam latihan.

Robert Potter, seorang pakar keamanan Australia yang menasihati pemerintah Ukraina, mengonfirmasi bahwa negosiasi sedang berlangsung, tetapi kesepakatan khusus belum diselesaikan.

“Namun, Amerika Serikat dan Ukraina memiliki minat aktif dan khusus dalam akuisisi pesawat tempur generasi keempat untuk Angkatan Udara Ukraina,” katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More