4 Perbedaan Tradisi Idulfitri di Negara-negara Timur dan Barat

Rabu, 19 April 2023 - 17:05 WIB
4 Perbedaan Tradisi Idulfitri di Negara-negara Timur dan Barat. FOTO/Reuters
JAKARTA - Tradisi Idulfitri di setiap negara tentu memiliki perbedaan tersendiri. Terlebih ketika negara di wilayah timur yang notabene mayoritas berpenduduk muslim , sudah pasti berbeda dengan negara yang ada di wilayah barat.

Tradisi Idulfitri pada umumnya akan dilaksanakan setelah berakhirnya bulan Ramadhan atau menjelang penampakan hilal yang menandai berakhirnya ibadah puasa. Masing-masing negara pun memiliki tradisi yang berbeda untuk merayakannya. Termasuk negara-negara wilayah timur dan barat.

Berikut empat perbedaan perayaan tradisi Idul Fitri di negara-negara timur dan barat

1. Liburan



Sebagian besar negara-negara yang berada di wilayah timur akan merayakan tradisi liburan selama cuti bersama berlangsung. Selain liburan, mereka akan juga akan menggunakan waktunya untuk berkunjung dan bersilaturahmi kepada teman dan keluarganya.

Berbeda dengan negara di wilayah barat, pada saat perayaan Idulfitri sebagian besar diantara mereka sibuk untuk memberikan hadiah dan amal kepada para tetangga serta orang-orang yang membutuhkannya.



2. Makan Makanan Khas di negaranya



Sudah menjadi tradisi masyarakat di negara timur jika pada saat perayaan Idulfitri para tamu yang datang bersilaturahmi akan disajikan menu khas di negaranya. Beberapa negara yang melaksanakan tradisi ini seperti Indonesia, Malaysia dan Arab Saudi.

Namun tradisi tersebut berbeda jika dihadapkan dengan negara-negara yang ada di wilayah barat. Sebagian besar diantara mereka akan menyajikan makanan manis saat lebaran tiba, diantaranya seperti permen dan makanan manis yang lainnya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More