7 Tradisi Menarik dari Perayaan Jumat Agung di Berbagai Belahan Dunia

Jum'at, 07 April 2023 - 14:05 WIB
7 tradisi menarik dari perayaan Jumat Agung di berbagai belahan dunia. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tujuh tradisi menarik dari perayaan Jumat Agung di berbagai belahan dunia.

Momen Jumat Agung atau Good Friday biasa diperingati sebagai momen penyaliban Yesus Kristus. Setiap tahunnya, hari tersebut selalu diperingati dengan sejumlah aktivitas atau perayaan yang berbeda antar masing-masing negara.

Biasanya, perayaan yang paling umum adalah melakukan peragaan terkait perjalanan hingga penyaliban Yesus. Lantas, tradisi apa sajakah yang dilakukan negara lain terkait perayaan Jumat Agung ini? Berikut di antaranya.

Deretan Tradisi Menarik dari Perayaan Jumat Agung di Penjuru Dunia

1. Israel

Kota suci Yerusalem yang diklaim sebagai ibu kota Israel diyakini menjadi lokasi penyaliban Yesus. Maka dari itu, perayaan Jumat Agung di sana menjadi momen yang cukup spiritual dan sakral.

Mengutip laman Aleteia, Jumat (7/4/2023), orang-orang Kristen biasanya berkumpul di sepanjang jalan yang diyakini telah dilalui Yesus saat penyalibannya. Beberapa di antaranya bahkan turut memikul salib dengan tujuan dapat merasakan beban yang sama seperti Yesus.



2. Spanyol

Salah satu perayaan Jumat Agung di Spanyol dikenal sebagai ‘Semana Santa’ atau ‘Pekan Suci’. Perayaan ini biasa dirayakan di penjuru negeri dengan melakukan proses penebusan dosa di jalan.

Melihat sejarahnya, Semana Santa ini diperkirakan telah hadir sejak abad ke-16 sebagai gagasan dari Gereja Katolik. Adapun tujuannya sendiri adalah untuk menceritakan kisah sengsara Yesus kepada orang-orang non-religius.

Sepanjang perayaan berlangsung, nantinya akan dikisahkan berbagai cerita dari penyaliban hingga kebangkitan Yesus melalui beberapa prosesi yang berbeda.

3. Italia

Di kota Roma, perayaan Jumat Agung dikenal sebagai Venerdi Santo yang memiliki arti “Jumat Suci”. Mengutip laman Daily Italian, pada hari tersebut umat Kristiani memperingati momen penyaliban Yesus Kristus dengan berpuasa.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More