Profil Sauli Niinisto, Presiden Finlandia yang Sahkan Negaranya Gabung NATO

Selasa, 04 April 2023 - 15:18 WIB
Sauli Niinisto, Presiden Finlandia yang sahkan negaranya gabung NATO. Foto/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva via REUTERS
JAKARTA - Presiden Sauli Niinisto kini resmi membawa Finlandia masuk menjadi anggota NATO. Penetapan Finlandia menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara itu dilaksanakan di Brussels pada Selasa (4/4/2023).

Mengutip dari laman helsinkitimes.fi, sebelum resmi bergabung, Finlandia telah mengalami proses yang panjang. Presiden Sauli Niinisto sudah mengadakan diskusi dengan berbagai elemen pemerintahannya, termasuk pusat keahlian FSI (Freeman Spogli Institute for International Studies).

Keberhasilan Sauli Niinisto membawa Finlandia resmi bergabung dengan NATO membuat sosoknya jadi sorotan media. Terlebih dirinya memutuskan meninggalkan Swedia yang masih mendapat hambatan untuk bergabung dengan NATO.



Profil Presiden Finlandia Sauli Niinisto





Sauli Niinisto merupakan presiden ke-12 Finlandia. Dia mulai menjabat sebagai presiden sejak dilantik pada 1 Maret 2012 dan kembali terpilih untuk masa jabatan enam tahun berikutnya pada pemilihan Januari 2018.



Dikutip dari laman resmi presiden Finlandia, Sauli Niinisto lahir di Salo pada tanggal 24 Agustus 1948. Dia lulus dari Universitas Turku dengan gelar Magister Hukum pada tahun 1974.

Setelah lulus, Sauli kemudian bekerja di beberapa bidang yang berbeda seperti kepala polisi pedesaan, asisten hakim pengadilan tinggi di Turku serta pernah membuka praktIk hukum sebagai pengacara dan memperoleh pengalaman administrasi perusahaan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More