9 Negara yang Punya Satelit Pengintai, dari Amerika Serikat hingga Iran

Jum'at, 31 Maret 2023 - 13:32 WIB
Setidaknya ada 9 negara yang memiliki satelit pengintai, dari AS hingga Iran. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Satelit Pengintai telah menjadi salah satu bagian penting dalam sistem pertahanan militer suatu negara. Sedikitnya telah tercatat ada sembilan negara yang memiliki satelit tersebut.

Satelit Pengintai sendiri merupakan platform observasi robotik yang mengorbit Bumi untuk keperluan militer dan politik. Selain dapat digunakan sebagai pendeteksi ancaman dan penyedia fasilitas operasi militer, satelit ini juga berfungsi untuk mengendalikan senjata tertentu.

Fungsi itu tentulah berbeda dari satelit buatan pada umumnya yang hanya digunakan sebagai pemantau permukaan untuk mengetahui kondisi cuaca atau pembuatan peta.

9 Negara yang Punya Satelit Militer

1. Amerika Serikat

Menurut World Population Review, Negeri Paman Sam menjadi negara yang memiliki satelit pengintai terbanyak dengan 123 satelitnya. AS mulai mengirim satelit tersebut di tahun 1950-an.

2. Rusia

Meskipun tercatat sebagai negara yang meluncurkan satelit pertama kali, Rusia justru memiliki satelit militer yang lebih sedikit ketimbang AS. Negeri Tirai Besi tercatat memiliki 74 satelit.



3. China

Selanjutnya ada China yang punya total 68 satelit pengintai. Menurut laporan dari Space, Tiongkok bahkan menambah tiga satelit seri observasi dan pengintai baru pada awal 2022 lalu.

4. Prancis

Selain tiga negara itu, kebanyakan negara di dunia tidak ada yang memiliki satelit militer lebih dari 10 buah. Prancis saja tercatat hanya memiliki 8 satelit. Dilansir dari TS2 Space, Saphir menjadi satelit komunikasi dan pengintaian terbaru dan termutakhir yang dimiliki negara ini.

5. Israel

Sama dengan Prancis, Israel juga memiliki 8 buah satelit pengintai. Dikutip dari Reuters, negara ini bahkan baru saja menambah satelit baru bernama Ofek 13 yang diklaim paling canggih dari jenisnya pada 29 Maret 2023.

6. India

India diperkirakan memiliki 6-7 satelit pengintai. Mengutip dari India Times, salah satu dari satelit pengintai ini bernama Risat-2 pada 2022 lalu sempat diturunkan ke bumi setelah 13 tahun dipergunakan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More