Perwakilan RI Fasilitasi Repatriasi Mandiri 358 Mahasiswa dari Australia

Jum'at, 17 Juli 2020 - 20:48 WIB
Duta Besar RI untuk Australia Y Kristiarto S Legowo (kiri). Foto/KBRI Canberra
SYDNEY - KBRI Canberra bersama seluruh Perwakilan RI se-Australia pada hari ini memfasilitasi kepulangan 163 mahasiswa Indonesia berikut keluarga, dari jumlah keseluruhan 358 peserta untuk kembali ke tanah air melalui program Repatriasi Mandiri.

Program ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan Garuda Indonesia yang memberikan andil besar mensukseskan kegiatan.

Para mahasiswa peserta Repatriasi Mandiri diberangkatkan melalui tiga kota, yaitu Sydney, Melbourne, dan Perth dengan menumpang maskapai kebanggaan Indonesia dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta. Sebagian peserta akan melanjutkan perjananan ke kota lain sesuai tujuan masing-masing.

Program Repatriasi Mandiri ini merupakan inisiatif bersama antara para mahasiswa Indonesia yang terhimpun dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) dan KBRI Canberra beserta Perwakilan RI se-Australia terutama bagi mahasiswa yang telah lulus pada musim dingin tahun ini.





Merespon inisiatif PPIA tersebut, KBRI Canberra melakukan koordinasi dengan seluruh Perwakilan RI se-Australia di Sydney, Melbourne, Perth dan Darwin, serta dengan maskapai Garuda Indonesia dan instansi terkait di Jakarta dalam membantu memfasilitasi proses kepulangan para mahasiswa, anggota keluarga dan WNI lainnya yang terdampak kebijakan Covid-19 di Australia.

Duta Besar RI untuk Australia Y Kristiarto S Legowo dalam pelepasan secara simbolis di Sydney Airport, 16 Juli 2020, menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka dan kembali ke tanah air untuk selanjutnya mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

“Program ini dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia dan memastikan negara hadir dalam kondisi apa pun juga,” ungkap Duta Besar Kristiarto yang didampingi Konjen RI Sydney Heru Subolo dan Acting as Regional CEO South West Pacific PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, I Nyoman S Sanjaya.

Program Repatriasi Mandiri ini sendiri telah dilakukan secara bertahap antara Juni-Agustus 2020 yang bervariasi menurut jadwal kelulusan peserta, dan jadwal penerbangan dari titik keberangkatan, yaitu Sydney, Melbourne, dan Perth.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More