Jet Tempur Israel Gempur Bandara Suriah, 3 Tewas

Rabu, 08 Maret 2023 - 14:40 WIB
Jet Tempur Israel Gempur Bandara Suriah, 3 Tewas. FOTO/Reuters
DAMASKUS - Jet tempur Israel menewaskan tiga orang dalam serangan di bandara Aleppo, Suriah , Selasa (7/3/2023). Gempuran militer Israel itu membuat arus bantuan bagi korban gempa menjadi terhenti.

Bandara tersebut telah menjadi saluran utama untuk penerbangan bantuan sejak gempa bumi 6 Februari menghancurkan wilayah tenggara Turki dan Suriah. Seorang pejabat Kementerian Transportasi di Suriah mengatakan, penerbangan bantuan termasuk yang dihentikan dari Aleppo, kota kedua terbesar di Suriah.



Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, yang memiliki jaringan sumber di Suriah yang dilanda perang, mengatakan, "seorang perwira Suriah" dan dua orang yang tidak diketahui kewarganegaraannya tewas dalam serangan udara itu.

Kementerian pertahanan Suriah mengatakan serangan itu terjadi pada pukul 02:07 (2307 GMT Senin). “Musuh Israel melakukan serangan udara dari Mediterania barat Latakia yang menargetkan bandara internasional Aleppo,” sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Suriah, seperti dikutip dari AFP.



Ditambahkan bahwa kerusakan memaksa pihak berwenang untuk menutup bandara untuk semua penerbangan. Lebih dari 80 penerbangan bantuan telah mendarat di Aleppo selama sebulan terakhir dengan pasokan bantuan untuk daerah yang dilanda gempa.

“Tidak mungkin lagi menerima penerbangan bantuan sampai kerusakan diperbaiki,” lanjut pernyataan itu, seraya menambahkan serangan Israel itu telah membuat landasan pacu tidak berfungsi. “Pengiriman bantuan telah dialihkan ke bandara Damaskus dan Latakia,” tambah pernyataan itu.



Kantor berita negara SANA mengatakan, pertahanan udara Suriah telah beraksi melawan "rudal musuh."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More