Nepal: Everest Selalu Terbuka untuk Umum

Senin, 04 Mei 2015 - 20:04 WIB
Nepal: Everest Selalu Terbuka untuk Umum
Nepal: Everest Selalu Terbuka untuk Umum
A A A
KATHMANDHU - Pemerintah Nepal memastikan bahwa mereka telah kembali membuka gunung Everest untuk umum. Jalur pendakian Everest terus dibuka walaupun sampai saat ini kondisi di wilayah tersebut masih berantakan akibat gempa dahsyat yang melanda Nepal 10 hari lalu.

Pemerintah Nepal pada awalnya mengaku ragu-ragu apakah mereka akan kembali membuka pendakian ke Everest, atau masih menutupnya untuk umum. Pendakian Everest merupakan salah satu pemasukan terbesar Nepal.

Tulsi Prasad Gautam, seorang pejabat di Departemen Pariwisata Nepal menyatakan Everest akan dibuka, karena pihaknya sudah memberikan izin kepada ratusan pendaki. Menurut, Gautam pendaki harus membayar $ 11.000 untuk mendaki Everest, dan sudah 357 yang terdaftar untuk musim pendakian ini.

"Pemerintah tidak akan secara resmi mengumumkan penutupan (Everest) karena kita telah memberikan izin pendakian ke beberapa pendaki," kata Gauitam, seperti dilansir Reuters pada Senin (4/5/2015).

Gautan juga menyatakan, pihaknya telah memberikan informasi kepada semua pendaki yang akan melakukan pendakian ke Everest mengenai kondisi di lapangan.

"Rute pendakian memang masih rusak dan para pendaki di base camp tahu bahwa rute tersebut tidak akan diperbakiki dalam waktu dekat. Terserah para pendaki dan penyelenggara yang berada di base camp untuk mengambil keputusan. Kami tidak meminta mereka untuk melakukan satu hal atau yang lain," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5442 seconds (0.1#10.140)