Kebakaran Hebat Nyaris Sambar Pabrik Nuklir Chernobyl

Rabu, 29 April 2015 - 18:33 WIB
Kebakaran Hebat Nyaris Sambar Pabrik Nuklir Chernobyl
Kebakaran Hebat Nyaris Sambar Pabrik Nuklir Chernobyl
A A A
KIEV - Sebuah kebakaran hebat melanda hutan di dekat pabrik nuklir Chernobyl di Ukraina utara. Kobaran api besar nyaris menyambar pabrik nuklir yang sempat menjadi bencana mengerikan di masa silam itu.

Sekitar 200 petugas pemadam kebakaran, yang didukung oleh truk dan pesawat, telah dikerahkan untuk mengatasi kobaran api.

Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, mengatakan bahwa sekitar 400 hektare hutan di sekitar zona eksklusif itu dilalap api. Menurutnya, ada dugaan kebakaran itu sengaja dicipatakan untuk mengacaukan keamanan di sekitar zona eksklusif.

”Ada kecurigaan dari serangan pembakaran, karena ada titik api di beberapa tempat di kedua sisi sungai,” katanya, seperti dikutip BBC.

Juru bicara Chernobyl, Maya Rudenko, kepada AFP, mengatakan bahwa, tidak ada ancaman langsung ke pabrik nuklir yang pernah mengalami kecelakaan dahsyat pada tahun 1986 itu. Insiden ini terjadi hari Selasa, atau dua hari setelah peringatan 29 tahun bencana Chernobyl.

”Saya telah diberitahu bahwa situasi sudah normal," kata Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk, seperti dilansir IB Times, Rabu (29/4/2015). “Layanan darurat kami secara aktif bekerja untuk menghentikan kobaran api.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4863 seconds (0.1#10.140)