Mengerikan, Para Pendaki Everest Dikejar Gulungan Salju

Senin, 27 April 2015 - 11:32 WIB
Mengerikan, Para Pendaki Everest Dikejar Gulungan Salju
Mengerikan, Para Pendaki Everest Dikejar Gulungan Salju
A A A
KATHMANDU - Sebuah video menayangkan adegan mengerikan dalam peristiwa gempa dahsyat di Nepal. Video itu menunjukkan para pendaki Gunung Everest berlari menyelamatkan nyawa mereka ketika dikejar gulungan salju yang muncul akibat gempa.

Video itu diambil dari sekitar base camp pendakian Gunung Everest. Seorang pendaki asal Jerman, Jost Kobusch, merekam adegan mengerikan itu saat dia dan rekan-rekannya terjebak oleh longsoran salju Gunung Everest.

Gulungan salju dan puing-puing material dari longsoran di Gunung Everest tiba-tiba muncul ketika Kobusch dan rekan-rekannya berada di tenda base camp. Kobusch telah mengunggah video adegan mengerikan itu ke YouTube. Dia ingin menggambarkan perjuangan dirinyasebagai mantan anggota pasukan khusus Amps Mountaineering Army Jerman saat menyelamatkan diri dari kejaran salju besar.

“Tanah gemetar dari gempa dan segera setelah kami melihat orang-orang berlarian, kami berjalan sendiri untuk menyelamatkan hidup kami,” tulis Kobusch di video yang dia unggah, seperti dikutip Daily Mail, Senin (27/4/2015).

Sejumlah pendaki telah mampu mengirim tweets, blog, gambar dan cuplikan adegan dari base camp Everets setelah gempa besar meluluhlantakkan Kathamandu dan memicu longsor hebat di Gunung Everest.

Pendaki asal Amerika Serikat (AS), Jon Kedrowski, menulis di blog-nya yang menggambar situasi menakutkan saat berada di base camp.”Gempa bumi mematahkan es begerigi dari punggung bukit, menciptakan angin berkekuatan badai yang meniup orang dan tenda,” tulis dia.

Pendaki India, Arjun Vajpai, berbicara kepada Reuters, melalui telepon Senin (27/4/2015) menceritakan momen ketika gempa susulan memicu batu-batu besar dan gulungan es menerjang kamp pendakian. ”Satu lagi, kita memiliki gempa susulan sekarang,” katanya, berteriak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3514 seconds (0.1#10.140)