Houthi: Kapal-kapal Perang AS Kepung Yaman

Selasa, 21 April 2015 - 17:12 WIB
Houthi: Kapal-kapal Perang AS Kepung Yaman
Houthi: Kapal-kapal Perang AS Kepung Yaman
A A A
SANAA - Seorang pejabat senior kelompok Houthi, Mohammed al-Bukhaiti, mengungkap misi kapal-kapal perang Amerika Serikat (AS) yang dikerahkan ke Yaman. Menurutnya, kapal-kapal perang AS itu membantu Arab Saudi dan Koalisi Teluk untuk mengepung seluruh wilayah Yaman.

”Tujuan dari gerakan kapal Amerika adalah untuk memperkuat pengepungan yang dikenakan pada Yaman, dan menempatkan orang-orang Yaman di bawah hukuman kolektif,” kata Bukhaiti kepada Reuters, Selasa (21/4/2015).

”Langkah ini meningkatkan tingkat partisipasi mereka dalam perang ini,” imbuh dia. Jika benar tuduhan kelompok Houthi ini, berarti AS mengubah kebijakannya. Sebab, sejak awal Washington menolak terlibat dalam perang di Yaman, meski mereka mendukung Saudi dan Koalisi Teluk dalam melakukan agresi terhadap Houthi di Yaman.

Sebelumnya Pentagon mengkonfirmasi bahwa Angkatan Laut AS telah mengerahkan dua kapal perang ke perairan Yaman. Namun, Washington membantah dua kapal perang AS itu untuk mencegat konvoi Angkatan Laut Iran yang dicurigai memasok senjata untuk milisi Houthi Yaman. (Baca: Tegang, AS Kerahkan Dua Kapal Perang ke Yaman)

AS berdalih pengerahan dua kapal perang ke perairan Yaman itu untuk “operasi keamanan maritim”. Pentagon, dalam sebuah pernyataan hari Senin, mengatakan kapal induk USS Theodore Roosevelt dan kapal penjelajah USS Normandy telah transit dari Teluk Persia ke Laut Arab pada 19 April 2015.

”Theodore Roosevelt dan Normandiy telah bergabung dengan (tim maritim) AS lainnya yang melakukan operasi keamanan maritim di Laut Arab, Teluk Aden, Selat Bab-al-Mandab dan Laut Merah Selatan,” bunyi pernyataan Pentagon.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2967 seconds (0.1#10.140)