Gudang Senjata Dibom, Koalisi Teluk Isolasi Houthi

Jum'at, 10 April 2015 - 10:32 WIB
Gudang Senjata Dibom,...
Gudang Senjata Dibom, Koalisi Teluk Isolasi Houthi
A A A
RIYADH - Arab Saudi yang memimpin koalisi Teluk dalam agresi militer di Yaman mengklaim telah membom gudang senjata utama kelompok Houthi. Saudi juga mengklaim kelompok pemberontak di Yaman itu telah terisolasi.

Hal itu disampaikan juru bicara operasi militer koalisi Teluk, Brgadir Jenderal Ahmed Asseri, yang menggelar konferensi pers di Riyadh, Kamis kemarin. Menurutnya, koalisi meraih kemenangan dari rentetan serangan udara yang sukses mencapai target ini.

Menurut Asseri, mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, dan para pendukungnya telah keliru mengklaim bahwa mereka mendapatkan kemenangan atas konflik di Yaman. Faktanya, lanjut Asseri, jumlah pasukan loyalis Saleh dan pasukan Houthi telah berkurang secara signifikan sejak operasi militer dimulai dua minggu lalu.

Jenderal Saudi itu menuduh pasukan musuh mencuri kendaraan untuk digunakan dalam operasi mereka. Aksi itu dibantu orang-orang terkenal di Yaman. ”Beberapa dari mereka adalah syekh. Kami telah menargetkan mereka dan situs lainnya di bagian selatan negara itu sehingga akan sulit bagi mereka untuk berkomunikasi satu sama lain,” ujar Asseri, seperti dilansir Arab News, Jumat (10/4/2015).

Masih menurut koalisi, kendaraan lapis baja Houthi telah menargetkan rumah-rumah dan bangunan, tapi sudah dibalas dengan serangan udara koalisi Teluk. ”Kami menargetkan pertemuan mereka yang melawan pemerintah sah Yaman,” ujarnya.

”Kami juga telah ditargetkan gudang amunisi dan situs penyimpanan senjata lain karena mereka akan menyerang warga sipil lagi dan menyalahkan koalisi, seperti yang mereka lakukan sebelumnya,” imbuh Asseri. Baik kubu Houthi maupun kubu mantan Presiden Saleh belum memberikan konfirmasi atas klaim koalisi Teluk itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8926 seconds (0.1#10.140)