Gedung Putih: Venezuela Bukan Ancaman bagi AS

Rabu, 08 April 2015 - 13:03 WIB
Gedung Putih: Venezuela...
Gedung Putih: Venezuela Bukan Ancaman bagi AS
A A A
WASHINGTON - Pihak Gedung Putih menyatakan, saat ini Venezuela tidak lagi menjadi ancaman bagi Amerika Serikat (AS). Pernyataan yang disampaikan Wakil Penasihat Keamanan Nasional (AS), Benjamin J. Rhodesini dan ditujukan guna menurunkan tensi antara Caracas dan Washington.

Dalam beberapa bulan terakhir, tensi hubungan AS dan Veneuela memang tinggi. "AS tidak percaya Venezuela merupakan ancaman untuk keamanan nasional kami,” ucap Rhodes dalam pernyataan, seperti dilansir The New York Times pada Rabu (8/4/2015).

Pernyataan ini juga muncul sesaat sebelum Presiden AS, Barack Obama melakukan kunjungan ke Karibia dan Amerika Latin. Hubungan AS dan Venezuela sendiri mula menegang akibat pernyataan yang dilontarakan oleh oleh Obama beberapa waktu lalu. Obama menyebut Venezuela ancaman bagi AS, yang membuat geram Presiden Venezuela Nichola Maduro dan warga Venezuela.

Akibat tegangnya hubungan kedua negara, Venezuela perlahan-lahan mulai mencari rekan baru untuk menggantikan posisi AS. Rusia, yang merupakan rival sejati AS dilirik oleh Venezuela untuk menjadi rekan baru mereka.

Sementara itu, Rhodes juga menegaskan, pihaknya sedang berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan Venezuela. Langkah pertama yang akan diambil adalah memperbaiki putusan eksekutif yang dibuat Obama mengenai Venezuela.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9056 seconds (0.1#10.140)