Saudi Tuding Iran dan Hizbullah Latih Pemberontak Houthi

Rabu, 08 April 2015 - 12:16 WIB
Saudi Tuding Iran dan Hizbullah Latih Pemberontak Houthi
Saudi Tuding Iran dan Hizbullah Latih Pemberontak Houthi
A A A
RIYADH - Arab Saudi kembali menyebut Iran dan Hizbullah sebagai pihak yang memberikan pelatihan dan senjata kepada pemberontak Houthi. Menurut Saudi, Iran dan Hizbullah sengaja memberikan dukungan kepada Houthi untuk mengacaukan Yaman.

Seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (8/4/2015), militer Saudi menyatakan, mereka memilki bukti kuat bahwa Iran dan Hizbullah memberikan pelatihan pada Houthi. Namun, diantara keduanya, Iran adalah pihak yang paling sering memberikan pelatihan dan dukungan kepada pemberontak Yaman itu.

"Kami juga memiliki bukti jika Iran melatih Houthi untuk mengoperasikan pesawat tempur," ucap juru bicara militer Saudi, Brigjen Ahmed Asiri.

Asiri yakin, Iran bukan hanya memberikan pelatihan tersebut pada Houthi, tapi Iran juga sedang berusaha untuk mengirimkan pesawat tempur kepada kelompok tersebut. "Tidak ada cara lain bagi Houhti untuk bisa mendapatkan jet tempur," ucapnya.

Sementara itu, dirinya juga mengatakan, Houthi saat ini masih terus melakukan serangan di Aden, dan tidak jarang menargetkan warga sipil dalam setiap serangannya. Namun, berkat serangan udara koalisi dan bantuan dari milisi pro-Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi, situasi di Aden sudah mulai terkendali.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6533 seconds (0.1#10.140)