Pemberontak Houti Semakin Dekat ke Aden

Rabu, 25 Maret 2015 - 16:39 WIB
Pemberontak Houti Semakin...
Pemberontak Houti Semakin Dekat ke Aden
A A A
ADEN - Pasukan pemberontak Houti dikabarkan terus mendekat ke kota Aden, kota yang menjadi ibukota sementara Yaman setelah Sanaa diuduki pemberontak. Menurut sumber keamanan setempat, pasukan Houti hanya berjarak 60 Km dari pusat kota Aden.

Laporan ini muncul setelah terjadi pertempuran antara Houti yang dibantu pasukan anti pemerintah dengan loyalis Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi. Houti, seperti dilansir Reuters pada Rabu (25/3/2015) disebut menyerang sebuah fasilitas militer di dekat kota Aden.

"Terjadi pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan Houti yang dibantu oleh pasukan sekutu mereka di fasilitas al-Anad yang merupakan salah satu Pangkalan Udara militer terbesar di Yaman," ucap sumber keamanan Yaman dalam kondisi anomin.

Houti terus berusaha untuk merangsek masuk ke wilayah Aden, dimana kota itu juga menjadi tempat perlindungan bagi Hadi. Jika Aden jatuh ke tangan Houti, maka hampir dipastikan Yaman akan kehilangan pemerintah resmi mereka.

Sementara itu, pemerintah Yaman terus menduga Houti dan sekutunya mendapat bantuan militer dari pemerintah Iran. Dugaan ini muncul karena, pemerintah Yaman yakin jika Houti bergerak sendiri, mereka tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk bisa mengalahkan pasukan Yaman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)