Yelena, Astronot Wanita Rusia Ke-3 yang Mudik ke Bumi

Kamis, 12 Maret 2015 - 12:42 WIB
Yelena, Astronot Wanita Rusia Ke-3 yang Mudik ke Bumi
Yelena, Astronot Wanita Rusia Ke-3 yang Mudik ke Bumi
A A A
MOSKOW - Yelena Serova menjadi astronot atau kosmonot wanita Rusia ketiga yang sukses pulang ke Bumi. Yelena dan astonot Rusia lainnya, Aleksandr Samokutyayev berhasil mendarat ke Bumi dengan pesawat Soyuz TMA-14M, Kamis (12/3/2015).

Selain dua astronot Rusia, astronot NASA, Barry Wilmore juga ikut mendarat ke Bumi. Mereka telah menjalankan misi ruang angkasa sejak akhir September 2014.

”(Pesawat) Soyuz TMA-14M mendarat pukul 05.08 waktu Moskow di wilayah yang bejarak sekitar 146 kilometer sebelah tenggara Dzhezkazgan, Kazakhstan,” bunyi pernyataan Pusat Pengendalian Misi Ruang Angkasa Rusia yang dilansir Itar-Tass.

Astronot Rusia Anton Shkaplerov, astronot Amerika Serikat, Terry Virts dan Astronot Eropa Samantha Cristoforetti dijadwalkan akan tinggal di stasiun ruang angkasa internsional (ISS). Virts ditugaskan mengambil alih tugas Wilmore.

Yelena Serova, menjadi astronot wanita langka bagi Rusia. Sebelum dia, Rusia pernah mengirimkan astronot wanita Valentina Tereshkova pada 1963. Valentina tercatat menjadi astronot wanita pertama yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa menggunakan roket Rusia Vostok 5.

Setelah misi Valentina rampung, badan antariksa Rusia sempat menolak mengirim astronot wanita ke luar angkasa. Tapi, komitmen Rusia goyah. Karena, pada awal 1980-an, Rusia kembali mengirim astronot wanita bernama Svetlana Savitskaya. Setelah Syetlana, pada tahun 2014 Rusia akhirnya mengirim astronot wanita Yelena Serova.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4333 seconds (0.1#10.140)