Iran: Surat Terbuka Partai Republik AS Hanya Propaganda

Selasa, 10 Maret 2015 - 22:58 WIB
Iran: Surat Terbuka Partai Republik AS Hanya Propaganda
Iran: Surat Terbuka Partai Republik AS Hanya Propaganda
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran bereaksi santai terhadap surat terbuka yang dibuat oleh 47 politisi partai Republik Amerika Serikat (AS). Iran menyebut surat tersebut hanyalah sebuah propaganda untuk merusak perjanjian nuklir dengan negara P5+1, termasuk di dalamnya AS, yang disebut-sebut akan segera tercapai.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif justru melemparkan sentilan balik kepada para politisi tersebut. Seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (10/3/2015), Zarif memperingatkan, apa yang akan dilakukan oleh partai Republik kelak bisa merusak, bukan hanya perjanjian dengan Iran, tapi banyak perjanjian internasional lainnya.

"Banyak perjanjian internasional adalah persetujuan eksekutif. Jika hal itu yang mereka pikirkan, maka para senator bukan hanya merusak sebuah perjanjian yang menguntungkan dengan Iran, namun juga banyak perjanjian internasional yang berasal dari keputusan eksekutif," ucap Zarif dalam sebuah pernyataan.

Surat terbuka yang ditandatangani oleh 47 politisi partai Republik itu berisi ancaman kepada Iran mengenai perjanjian nuklir tersebut. Para politisi itu menyebut, kesepakatan perjanjian nuklir bisa saja dicabut jika Presiden AS selanjutnya berasal dari partai mereka.

“Presiden berikutnya dapat mencabut keputusan eksekutif semacam itu, hanya dengan sebuah tanda tangan," bunyi salah satu baris dalam surat tersebut.

Partai Republik sendiri memang memiliki pandangan yang sangat berbeda dengan Presiden AS saat ini, Barack Obama. Di saat Obama ingin memperjuangkan perjanjian dengan Iran, partai Republik yang menguasai Kongres justru ingin menjatuhkan sanksi dan boikot kepada negara tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7091 seconds (0.1#10.140)