Partai Republik AS Ancam Cabut Perjanjian Nuklir Iran

Selasa, 10 Maret 2015 - 22:35 WIB
Partai Republik AS Ancam Cabut Perjanjian Nuklir Iran
Partai Republik AS Ancam Cabut Perjanjian Nuklir Iran
A A A
WASHINGTON - Puluhan politisi partai Republik Amerika Serikat (AS) membuat sebuah surat terbuka yang berisi ancaman kepada Iran, bahwa mereka akan mencabut perjanjian nuklir yang mungkin akan dicapai dalam waktu dekat. Menurut mereka, hal ini bisa saja dilakukan jika kelak Presiden AS berasal dari partai Republik.

Dalam surat itu, Senator Tim Cotton dan 46 politi partai Republik lainnya mengatakan, tanpa persetujuan kongres AS, perjanjian nuklir Iran hanyalah sebuah perjanjian antara Iran dengan Presiden Barrack Obama, yang dapat dibatalkan oleh presiden AS berikutnya.

“Presiden berikutnya dapat mencabut keputusan eksekutif semacam itu, hanya dengan sebuah tanda tangan. Kongres berikutnya dapat mengubah syarat-syarat dalam perjanjian tersebut kapan pun mereka mau,” bunyi surat tersebut, seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (10/3/2015).

Seperti diketahui, Kongres AS yang dikuasai oleh Partai Republik memang tidak menyetujui perjanjian nuklir dengan Iran yang digagas oleh Obama. Mereka bahkan berencana untuk mejatuhkan sanksi dan boikot kepada Iran atas kepemilikan teknologi nuklir, yang ditudinga dibuat untuk kepentingan militer.

Sementara itu, Gedung Putin langsung mengeluarkan kecaman terhadap surat terbuka yang dibuat oleh lawan politik Obama tersebut. Gedung Putih menuduh para politisi tersebut berkonspirasi dengan kelompok garis keras Iran yang juga menolak perjanjian nuklir.

“Ironis jika melihat beberapa anggota kongres bekerja sama dengan kelompok garis keras Iran. Sebuah koalisi yang tidak biasa,” ucap Obama mengomentari surat yang dibuat oleh politisi partai Republik itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9430 seconds (0.1#10.140)