Mantan Bos MI6 Sebut Rusia Ancaman Terbesar Eropa

Minggu, 01 Maret 2015 - 16:37 WIB
Mantan Bos MI6 Sebut Rusia Ancaman Terbesar Eropa
Mantan Bos MI6 Sebut Rusia Ancaman Terbesar Eropa
A A A
LONDON - Mantan bos Badan Intelijen Inggris MI6, Sir John Sawers menilai saat ini Rusia masih menjadi ancaman terbesar bagi negara-negara di Eropa, termasuk Inggris. Dirinya menyarankan Inggris untuk segera memperkuat militer jika tidak ingin digerus Rusia.

Namun, dirinya mengatakan, ancaman paling besar sejatinya membayangi beberapa negara yang berdekatan langsung dengan Rusia, seperti Ukraina, Polandia, dan beberapa negara lainnya di kawasan Baltik. Sawers menyebut, selain kekuatan militer, perlu juga adanya dialog berkelanjutkan untuk menepis ancaman Rusia.

“Ancaman Rusia tidak serta merta ditujukan kepada Inggris, tetapi kepada negara-negara di sekitarnya," ucap Sawers dalam sebuah wawancara dengan media setempat. Seperti dilansir BBC, Minggu (1/3/2015).

"Rusia terus mengingatkan kita bahwa mereka memiliki senjata nuklir. Kita tidak ingin mengulangi krisis misil Kuba 1962 yang membawa kita ke ambang perang nuklir. Kita dapat mengatasi hal ini dengan memperbanyak dialog,” imbuhnya.

Sawers menyarankan agar negara-negara Eropa untuk segera melakukan pendekatan kepada Rusia, dan secepatnya mengajak Negeri Beruang Merah itu untuk duduk satu meja dan membahas hal ini. "Eropa dan Rusia harus mencari cara untuk dapat hidup berdampingan," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7565 seconds (0.1#10.140)