Lavrov: Barat Ingin Dominasi Dunia

Selasa, 24 Februari 2015 - 20:13 WIB
Lavrov: Barat Ingin Dominasi Dunia
Lavrov: Barat Ingin Dominasi Dunia
A A A
NEW YORK - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh negara-negara Barat sedang berusaha untuk mendominasi dunia. Menurut Lavrov, Barat terus memaksa seluruh negara di dunia ini untuk mengikuti ideologi mereka.

"Beberapa negara telah melakukan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip kunci dari Piagam PBB, khususnya mengenai kesetaraan kemerdekaan dan kedaulatan negara, serta tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain," ucap Lavrov saat menghadiri pertemuan khusus anggota Dewan Keamanan (DK) PBB.

Namun, dirinya enggan menyebut negara-negara mana saja yang melakukan pelanggaran terhadap piagam PBB tersebut. Melansir Channel News Asia, Selasa (24/2/2015), dirinya hanya mengatakan, salah satu buktinya adalah intervensi yang dilakukan oleh beberapa negara Barat di Libya, Suriah dan Irak.

"Semua ini dilakukan agar mereka (Barat) bisa mendominasi dunia, mereka ingin memerintah semua negara yang ada. Barat biasanya akan menggunakan beberapa cara untuk menggeser pemerintah yang tidak menurut pada mereka, salah satunya mendorong perubahan rezim, termasuk dukungan untuk melakukan kudeta di Ukraina pada tahun lalu," Lavrov menambahkan.

Di kesempatan yang sama, dirinya juga mengeluhkan langkah DK PBB yang turut menyetujui langkah Barat yang menjatuhkan sanksi ekonomi pada Rusia. Lavrov kembali membantah pihaknya turut terlibat langsung dalam konflik yang terjadi di Ukraina timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)