Separatis Pro Rusia dan Ukraina Dilaporkan Sepakati Gencatan Senjata

Rabu, 11 Februari 2015 - 14:18 WIB
Separatis Pro Rusia dan Ukraina Dilaporkan Sepakati Gencatan Senjata
Separatis Pro Rusia dan Ukraina Dilaporkan Sepakati Gencatan Senjata
A A A
KIEV - Beberapa jam sebelum pertemuan empat arah antara pemimpin Rusia, Ukraina, Jerman dan Prancis dimulai, gencatan senjata dikabarkan sudah terlebih dahulu tercapai di Ukraina timur. Gencatan senjata ini tercapai dalam sebuah pertemuan rahasia, semalam.

Menurut seorang sumber keamanan Rusia, perwakilan dari separatis, Kiev dan ditengahi oleh Organisasi Kerjasama dan Keamanan Eropa (Eropa) bertemu di Ukraina. Separatis dan Kiev akhirnya sepakat untuk kembali mengadakan gencatan senjata.

"Gencatan senjata berhasil disepakati dalam pertemuan itu. Dalam waktu dekat akan ada penarikan mundur pasukan dan alat-alat militer dari beberapa wilayah di Ukraina timur," ucap sumber tersebut dalam kondisi anonim, seperti dilansir IB Times, Rabu (11/2/2015).

"Selain gencatan senjata, kedua belah pihak juga setuju untuk membahas mengenai pemilihan umum lokal dan pembentukan pemerintahan lokal di Donbass," sumber tersebut menambahkan.

Namun, baik dari separatis maupun dari Kiev belum memberikan keterangan resmi terkait laporan ini. OSCE sendiri hanya mengatakan, memang kerap ada pertemuan rahasia antara separatis dan Kiev, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6491 seconds (0.1#10.140)