Harga Kondom Tembus Rp9,6 Juta, Rakyat Venezuela Demo

Sabtu, 07 Februari 2015 - 11:52 WIB
Harga Kondom Tembus Rp9,6 Juta, Rakyat Venezuela Demo
Harga Kondom Tembus Rp9,6 Juta, Rakyat Venezuela Demo
A A A
CARACAS - Inflasi sangat tinggi sebagai imbas krisis ekonomi di Venezuela membuat harga sekotak alat kontrasepsi kondom di negara itu menembus £ 500 atau sekitar Rp9,6 juta. Rakyat Venezuela pun demo.

Selain sangat mahal, rakyat Venezuela mengeluh karena alat kontrasepsi langka di berbagai supermarket. Rakyat Venezuela turun ke jalan menuntut pemerintah mengatasi kondisi ekonomi.

Wartawan CNN mengunjungi delapan apotek di Caracas. Empat apotek yang dikunjungi tidak ada stok kondom sama sekali. Sedangkan empat apotek lainnya mengalami kekurangan stok.

“Anda percaya itu? Ini sudah dua minggu (sejak pengiriman kondom terakhir). Hal ini telah terlambat sejak awal Januari, dan itu sudah hal biasa sebelum bulan-bulan ini,” keluh Yuraima Bacher, seorang manajer farmasi, di Venezuela.

Saking langkanya kondom di supermarket, warga Venezuela terpaksa membeli alat kontrasepsi itu secara online. Mereka salah satunya membeli melalui Mercado Libre, sebuah situs yang mirip dengan eBay.
Salah satu penjual menawarkan sekotak kondom berisi 36 buah seharag 4.760 bolivar, atau setara dengan £ 500. Padahal gaji rata-rata warga di negara itu sekitar £ 590 per bulan.

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, seperti dikutip Mail Online, Sabtu (7/2/2105), mengaku belum mampu memenuhi permintaan kondom rakyatnya , meksipun Venezueula memiliki pabrik baru yang telah dibangun.

Magdymar Leon, dari Asosiasi Venezuela untuk Pendidikan Seksual Alternatif, mengatakan kurangnya kondom bisa menyebabkan peningkatan penyakit menular seksual.

“Apa implikasinya? Salah satunya adalah bahwa individu tidak memiliki sarana untuk mengontrol keputusan untuk memiliki anak atau tidak. Ada hak yang hilang. Di sisi lain, kemampuan untuk melindungi diri dari penyakit menular seksual juga hilang.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4262 seconds (0.1#10.140)