Pemberontak Houty Duduki Istana Kepresidenan Yaman

Selasa, 20 Januari 2015 - 22:49 WIB
Pemberontak Houty Duduki Istana Kepresidenan Yaman
Pemberontak Houty Duduki Istana Kepresidenan Yaman
A A A
SANAA - Kelompok pemberontak Yaman, Houty, dikabarkan berhasil masuk dan menduduki istana kepresidenan Yaman. Kelompok itu berhasil menerobos masuk setelah melalui pertempuran yang cukup sengit dengan pasukan Keamanan Yaman.

Melansir Reuters, Selasa (20/1/2015), beberapa saksi mata mengatakan, kelompok Houty akhirnya menduduki istana kepresidenan setelah berhasil memukul mundur pasukan keamanan Yaman. "Sempat terjadi pertempuran singkat sebelum akhirnya mereka (Houty) berhasil memasuki istana kepresidenan," ucap seorang saksi mata.

Hal senada juga diutarakan oleh seorang penjaga istana, yang menyatakan memang sempat terjadi pertempuran singkat antara pasukan Yaman dan pemeberontak, sebelum istana kepresidenan diduduki.

Namun, hal berbeda diutarakan oleh Kementerian Informasi Yaman, yang menyatakan hingga saat ini pertempuran masih terjadi di sekitar istanak Kepresidenan yang juga kerap digunakan sebagai kantor oleh Presiden Yaman, Abd Rabbu Mansour Hadi.

Kementerian itu menyatakan, serangan itu ditunjukan untuk menggulingkan pemerintah Yaman. "Mereka mencoba menyerang Presiden, dan menggulingkan pemerintahan saat ini," ucap kementerian itu.

Houty sejatinya adalah sebuah faksi oposisi utama di Yaman, dan mereka juga merupakan aktor utama dari penggulingan pemimpin Yaman sebelumnya, Ali Abdullah Saleh pada tahun 2012. Kelompok ini kembali beraksi pada tahun 2014, dengan menduduki beberapa kota dan mendesak pemerintah untuk mundur karena dinilai banyak melakukan korupsi dan memarginalkan komunitas Syiah di Yaman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3532 seconds (0.1#10.140)